Bendungan Mila akan Pasok Air untuk PDAM Dompu

0
Proyek pembangunan perpipaan penghantar air baku dari bendungan Mila untuk kebutuhan air bersih warga Dompu.(Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – PDAM Dompu akan mendapat suport air baku dari Bendungan Mila hingga 100 liter per detik. Jaringan pipa dari Bendungan Mila ke IPA hampir rampung dibangun BWS NT 1. Perpipaan ini akan disambung Dinas PUPR Kabupaten Dompu agar bisa dimanfaatkan air bakunya untuk kebutuhan air bersih warga.

Direktur PDAM Kabupaten Dompu, Agus Supendi, SE kepada Suara NTB, Jumat, 15 Juli 2022 mengungkapkan tahun 2022 ini BWS NT 1 tengah membangun pipa penghantar dari bendungan Mila ke lokasi rencana pembangunan IPA. Perpipaan ini sepanjang 900 meter. “IPA nya akan dibangun BPPW (Balai Prasarana Pemukiman Wilayah), rencananya tahun 2023 mendatang,” kata Agus.

BPPW NTB direncanakan akan membangun IPA dan perpipaan untuk melanjutkan perpipaan yang dibangun BWS NT 1. Sebelum BPPW membangun IPA dan perpipaan, agar air bendungan Mila bisa dimanfaatkan akan disambung oleh Dinas PUPR Kabupaten Dompu ke perpipaan lama di Rababaka. Pipa ini akan menghantar air ke IPA Selaparang.

Karena IPA Selaparang kapasitasnya 40 liter per detik, air dari bendungan Mila akan berfungsi sebagai penambah tekanan. Sehingga air dari IPA Selaparang bisa secara maksimal dialirkan ke pelanggan. “Semoga rencana ini tidak berubah, sehingga PDAM bisa menyalurkan air ke pelanggan,” harap Agus Supendi. (ula)