KUMER DENGAN KEBIJAKANNYA

0

 

Oleh : Sahra, M.Pd (Pengawas SMP)

KETIKA perubahan kurikulum yang terjadi sebaiknya kita membaca kebijakan yang menyertainya. Kurikulum Merdeka adalah metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat, dengan kurikulum ini, pelajar dapat memilih Pelajaran sesuai dengan minatnya di berbagai bidang dengan intrakurikuler yang beragam. Struktur kurikulum di kurikulum Merdeka didasari 3 hal yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter Pancasila.

Implementasi kurikulum Merdeka untuk pemulihan pembelajaran dilakukan berdasarkan kebijakan-kebijakan berikut ini
Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022
Standar kompetensi lulusan pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Estándar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan , SKL menjadi acuan untuk kurikulum 2013, Kurikulum darurat dan kurikulum Merdeka.

Permendikbudristek No. 7 Tahun 2022
Standar isi pada Pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Standar isi dikembangkan melalui perumusan ruang lingkup materi yang sesuai dengan kompetensi lulusan, ruang lingkup materi merupakan bahan kajian dalam muatan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan: 1) muatan wajib sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; 2) konsep keilmuan; 3) jalur, jenjang dan jenis pendidikan. Estándar isi menjadi acuan untuk kurikulum 2013, kurikulum darurat dan kurikulum merdeka
Permendikbudristek No. 56 Tahun 2022
Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Memuat 3 opsi kurikulum yang dapat digunakan di satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran beserta struktur kurikulum Merdeka, aturan terkait pembelajaran dan asesmen serta beban kerja guru.

3 opsi yang dapat diputuskan satuan Pendidikan tentang implementasi kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023 :
Menerapkan beberapa bagian dan prinsip kurikulum merdeka tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan.

Menerapkan kurikulum merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan
Menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar
Keputusan Kepala BSKAP No. 008/H/KR/2022 Tahun 2022

Capaian pembelajaran pada Pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan pendidikan menengah pada kurikulum merdeka. Memuat Capaian pembelajaran untuk semua jenjang dan mata Pelajaran dalam struktur kurikulum merdeka
Keputusan Kepala BSKAP No. 009/H/KR/2022 Tahun 2022

Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar pada kurikulum merdeka. Memuat penjelasan dan tahap-tahap perkembangan profil pelajar pancasila yang dapat digunakan terutama untuk projek penguatan pelajar pancasila
Semoga dengan tulisan ini, kita menjadi lebih mudah dalam memahami perubahan kurikulum yang terjadi melalui membaca kebijakan kemendikbudristek. Terima kasih. (r)