2023 Operasional RSU Manggelewa akan Dimulai

0
Maman. (Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Operasional Rumah Sakit Manggelewa setelah naik status dari Rumah Sakit Pratama dijadwalkan 2023 mendatang. Saat ini RSU Manggelewa tengah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) pendukung, terutama syarat minimal dokter spesialis.

“Operasional Rumah Sakit Pratama Manggelewa sebagai Rumah Sakit Umum akan dimulai tahun 2023 mendatang. Saat ini sedang disiapkan SDM pendukung, termasuk menyiapkan dokter spesial,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM, MMKes kepada Suara NTB, Jumat, 15 Juli 2022.

Sebagai Rumah Sakit Pratama, operasionalnya masih bergantung dari dana kapitasi BPJS Kesehatan dengan 5 Desa binaan. Yaitu Desa Soriutu, Doromelo, Anaminal, Banggo dan Desa Kawangko. Ketika beroperasi sebagai RSU, maka akan berfungsi sebagai RS rujukan.

Kendati berfungsi sebagai rujukan, pengelolaan keuangan dan kepegawaian masih berada di bawah Dinas Kesehatan. Berbeda dengan RSUD Dompu yang sudah menjadi BLUD, sehingga pengelolaan keuangan dan kepegawaian bisa ditentukan sendiri. “Untuk menjadi BLUD, itu ada proses dan tahapan tersendiri. Saat ini, baru naik tipe menjadi rumah sakit umum tipe D,” ungkap Maman.

Maman juga mengatakan, kedepan akan tetap mengupayakan perubahan RSU Manggelewa sebagai BLUD. Agar ada kemandirian dalam pengelolaan keuangan sesuai kebutuhan dalam pelayanan. Tidak hanya RSU Manggelewa, tapi Puskesmas yang ada juga akan diupayakan menjadi BLUD. “Sekarang masih membutuhkan bimbingan BPK dan BPKP,” katanya. (ula)