Gubernur Dorong ASN Lingkup Pemprov NTB Jadi Aparatur yang Adaptif

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah terus mendorong para ASN di lingkup Pemprov NTB menjadi aparatur yang adaptif dengan meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan peningkatan kinerja secara berkelanjutan.

‘’Melalui Biro Organisasi NTB, ikhtiar dilakukan salah satunya dengan melakukan sosialisasi implementasi e-SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) kepada seluruh perangkat daerah lingkup Provinsi NTB,’’ ungkap Kepala Biro Organisasi Setda NTB Dr. Nursalim, M.M., pada Suara NTB, Jumat, 15 Juli 2022. Ditambahkannya, pihaknya melakukan sosialisasi implementasi e-SAKIP pada ASN lingkup Pemprov NTB di Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB, Jumat kemarin.

E-SAKIP, ujarnya, merupakan sistem aplikasi yang dibangun dan dikembangkan dalam upaya peningkatan kualitas pelaksanaan akuntabilitas kinerja untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. Sistem ini bertujuan sebagai sarana pembinaan interaktif pelaksanaan akuntabilitas kerja instansi pemerintah dan sarana penyampaian laporan kinerja secara online.

“Kegiatan ini juga bagian dari upaya dan ikhtiar untuk  meningkatkan nilai SAKIP menjadi A, di mana tim dari Kemenpan RB mempersyaratkan ada satu aplikasi yang  memberikan informasi atas capaian kinerja para ASN mulai dari staf sampai kepala OPD, maka kami bersama Bappeda dan Diskominfotik menyempurnakan e-SAKIP dengan mengintegrasikan fitur-fitur yang ada di e-kinerja,” jelasnya.

Hal ini, tambahnya, merupakan kemajuan dan pengembangan khususnya dalam implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di NTB, sehingga aplikasi ini lebih informatif dan akurat, untuk itu harus disosialisasikan bagaimana meng-input dan kemanfaatannya.

Ditambahkannya, Gubernur dan Wakil Gubernur NTB ke depannya akan mampu secara ‘’real time’’ memantau aktivitas dan capaian dari para ASN di lingkup Pemprov NTB.  “Ada inovasi, sehingga pimpinan dapat melihat langsung progres capaian per individu ASN dan juga perangkat daerah,” ujar mantan Kabid Anggaran di Badan Pengelolaaan Keuangan dan Anggaran Daerah Provinsi NTB tersebut.

Sebelumnya, ungkapnya, ikhtiar Pemprov NTB untuk menjadi daerah yang bersih dan melayani juga dibuktikan dengan akuntabilitas, kinerja, dan keuangan NTB yang mendapatkan 11 kali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). (ham)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Berdayakan 11 Ribu Klaster Usaha, BRI Perkuat Komitmen Bawa UMKM Naik...

0
Jakarta (suarantb.com) – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara konsisten mendorong pelaku UMKM meningkatkan skala bisnisnya. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan yang ke-77 Republik...

Latest Posts

Berdayakan 11 Ribu Klaster Usaha, BRI Perkuat Komitmen Bawa UMKM Naik Kelas

Jakarta (suarantb.com) – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk...

Bang Zul Apresiasi Masjid Sederhana di Desa Wakan

Mataram (Suara NTB) – Menyapa langsung masyarakat Nusa Tenggara...

Lagu Sasak Masuk Kompilasi Video Musik Wonderland Indonesia 2

Mataram (Suara NTB) - Lagu Sasak “Lalo Ngaro” dari...

1.856 Rumah di Kota Bima Masih Kumuh

Kota Bima (Suara NTB) - Dinas Pekerjaan Umum dan...

Bupati Lobar Promosikan Wisata Olahraga Bersepeda di Senggigi

Giri Menang (Suara NTB) - Keindahan alam dan pantai...