Warga Jala dan PT.STM Gotong Royong Bersihkan Pantai

0

Dompu (Suara NTB) – Warga Jala Kecamatan Hu’u kompak mengikuti program kebersihan pantai yang diadakan bersama PT Sumbawa Timur Mining (STM). Tumpukan sampah rumah tangga yang dibuang di pinggir pantai Jala langsung bersih setelah warga bersama jajaran PT STM melakukan gotong royong pada Jumat, 4 November 2022.

Tidak hanya anak muda, anak – anak dan ibu – ibu juga ikut gotong royong dengan tema “Jaga Kebersihan Laut Kita” yang dikoordinir Danramil Hu’u, Kapten Muslimin bersama Babinsanya. Bahkan Danramil langsung menjemput anak muda dan warga yang ada di kampung dengan mobil dinasnya untuk ikut gotong royong bersihkan pantai.

Program kebersihan pantai di kecamatan Hu’u ini menjadi agenda rutin setiap Jumat pagi yang melibatkan pemerintah desa, masyarakat, Karang Taruna, dan tokoh masyarakat. Harapannya, masyarakat bersama pemerintah desa bisa sama – sama menjaga kebersihan pantai agar terlihat bersih dan indah.

Program ini menjadi bagian dari upaya PT.STM dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Apalagi, data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dompu tahun 2021 menunjukan kecamatan Hu’u sebagai wilayah penyumbang sampah +/- 10 persen dari total produksi sampah se kabupaten Dompu. Volume sampah di sekitar pantai wilayah Hu’u juga mengalami peningkatan cukup besar.

Comrel PT STM, Mahdon yang juga bertindak sebagai koordinator kegiatan ini mengatakan, program kebersihan pantai ini dilaksanakan di pesisir pantai kecamatan Hu’u. Sebelumnya, program kebersihan pantai ini dilaksanakan di pantai Ngampa Desa Cempi Jaya. Setelah pantai Desa Jala, program kebersihan pantai akan dilaksanakan di Desa Hu’u.

“Harapannya untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat serta pemangku kepentingan dalam menjaga kebersihan wilayah Desa dan kelestarian lingkungan di pesisir pantai,” ungkap Mahdon. Termasuk meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam penanganan dan pengelolaan sampah di Desa dan pesisir laut.

Program ini juga untuk mensinergikan dengan program bank sampah binaan PT STM di masing – masing desa. Yaitu untuk mendidik masyarakat dalam pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga dan wilayah pesisir laut.

Jajaran pemerintah Desa Jala juga tampak kompak bersama warganya ikut melakukan kegiatan gotong royong membersihkan pantai di Jala. Tidak hanya sampah yang dibuang warga dibersihkan, tapi semak – semak juga dibersihkan.  (ula)