Jadi Lokasi Latsitarda, Pemda Harap Bisa Tangani Program di Masyarakat

0

Giri Menang (Suara NTB) – Lombok Barat (Lobar) menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda). Setelah dilepas Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Sabtu, 14 Mei 2022, peserta Latsitarda yang disebar ke Lobar mulai melaksanakan kegiatan bakti sosial, seperti gotong-royong membersihkan lingkungan, selokan dan tempat umum lainnya.

Salah satu yang menjadi lokasi kegiatan peserta Latsitarda adalah Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong. Warga bersama peserta Latsitarda melakukan gotong-royong membersihkan saluran, lingkungan, pasar, di wilayah setempat.

Kades Sekotong Tengah Lalu Sarappudin mengatakan pihaknya telah mengerahkan para kepala dusun untuk mengumumkan kepada masyarakat agar ikut gotong royong bersama peserta Latsitarda. “Kita bersukur dan berterima kasih kepada pihak yang menempatkan Sekotong Tengah untuk kegiatan Latsitardanus ke 42,” katanya, Senin, 16 Mei 2022.

Pihaknya juga bersyukur telah diberikan program seperti 9 unit rumah tidak layak huni, masing-masing anggaran 1 unit Rp35 juta, program saluran irigasi dan rabat jalan ke Pasar Sekotong.  Ada juga lanjut dia, rencana pembuatan tugu di pertigaan Sekotong dan rehab jembatan darurat ke Lebah Suren.

Sementara pada Sabtu lalu diadakan diadakan acara penerimaan Peserta Latsitarda Nusantara XLII/2022 di Bencingah Kantor Bupati. Turut hadir, AKBP Dodik Susianto Susianto, S.I.K., selaku Komandan Satuan Latihan 4 Kijang.

Bupati Lobar H Fauzan Khalid dalam kesempatan itu, menyebut tiga kecamatan antara lain Sekotong, Lembar dan Batulayar menjadi lokasi Latsitarda di Lobar. Bupati pun berpesan agar berbagai program yang akan dilaksanakan dalam kegiatan tersebut dapat diupayakan untuk mendukung pembangunan yang dinilai penting, di tiga kawasan itu. Misalnya, rehabilitasi jalan, mendukung program bebas dari buang air besar sembarangan (ODF), kemudian bedah rumah, hingga penguatan jembatan dan normalisasi saluran, serta yang lainnya.

Tak lupa ia juga mengucapkan selamat datang dan berterima kasih, karena telah memilih Lobar sebagai lokasi pelaksanaan Latsitarda  tahun ini. Pihaknya berharap agar para taruna tersebut bisa menularkan semangat dan memberikan motivasi kepada para remaja dan pemuda yang ada di desa-desa lokasi Latsitarda agar mereka juga bisa memiliki semangat yang sama.

Tak hanya itu, sebagai daerah wisata, ia juga berharap agar berbagai keindahan alam yang dimiliki Lobar dapat dinikmati oleh para peserta. Bahkan mereka diharapkan juga bisa membantu mempromosikan pesona alam Lobar melalui media sosial (medsos) yang mereka miliki.“Maka selain melaksanakan tugas, silakan dinikmati keindahan Lobar ini. Jadi adik-adik taruna ini juga sebagai duta kami, untuk menyampaikan keindahan Lombok Barat melalui media-media yang adik miliki. Undang keluarga sahabat ke Lombok Barat,’’ pungkas Fauzan. (her)