Bupati Sambut Peserta Latsitarda Nusantara

0
Parade drumband peserta Latsitarda Nusantara di KLU digelar sebelum diterima jajaran Pemda KLU, Sabtu, 14 Mei 2022. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU), menyambut rombongan peserta Latsitarda Nusantara ke 42 tahun 2022 di Lapangan Tioq Tata Tunaq, Tanjung, Sabtu, 14 Mei 2022. Ia meyakini, dengan sinergi peserta Latsitarda dan masyarakat, pembangunan di NKRI akan terwujud.

Peserta diterima Bupati, H. Djohan Sjamsu, Wakil Bupati, Danny Karter Febrianto R, ST., M.Eng., Kapolres KLU, AKBP I Wayan Sudarmanta, S.IK. MH., Pabung KLU, Letkol Inf. Ibnu Haban, serta jajaran pejabat Pemda KLU.

Penerimaan peserta Latsitarda melalui upacara penerimaan oleh Pemkab Lombok Utara, berlangsung Sabtu sore sekitar pukul 17.58 WITA. Sebelum upacara, sebanyak 227 orang peserta menggelar parade drumband sejauh kurang lebih 800 meter dari Kantor Bupati.

Peserta Latsitarda Nusantara tiba Dusun Jambianom, Desa Medana, Kecamatan Tanjung. Peserta kemudian melaksanakan Salat Ashar di Masjid Silaturrahim Jambianom.

Selanjutnya, sekitar pukul 17.30 Wita parade drumband dari Peserta Latsitarda Nusantara XI_II Tahun 2022 dengan titik star dari Depan Pasar Tanjung, dan finish di Lapangan Tioq Tata Tunak Tanjung KLU. Usai parade, peserta Latsitarda disambut dengan upacara penerimaan.

Bupati KLU H. Djohan Sjamsu, bertindak langsung selaku Inspektur Upacara, dengan komandan upacara, Mayor Arm. Deby Irawan dan perwira upacara Kapten Inf. Zainul Fahri diikuti oleh 227 orang.

Bupati dalam amanatnya  menyambut baik kehadiran peserta Latsitarda tahun 2022 di KLU. Ia menyampaikan pula, Lombok Utara yang dipimpinnya terdiri dari 5 kecamatan, dengan jumlah penduduk 288 ribu jiwa. Menurut aspek relegi, penduduknya memeluk 5 agama.

“KLU mempunyai potensi sumber daya alam terdiri dari pariwisata, aspek pertanian. Program Latsitrda wujud nyata untuk menumbuhkembangkan TNI-Polri dengan masyarakat. Tantangan yang akan dihadapi oleh Taruna dan mahasiswa akan kompleks,” ujar Djohan.

Bupati meyakini, Latsitrda memiliki kompetensi yang erat di tengah pandemi covid 19. Ia juga berharap kepada taruna dan mahasiswa menjalankan semuanya dengan sungguh-sungguh, mematuhi dan menaati peraturan yang berlaku termasuk protokol kesehatan.

“Kepada masyarakat saya titipkan para putra terbaik bangsa. Saya yakin dan percaya dengan sinergi dari kita semua bisa membangun NKRI yang maju,” pungkas Djohan.

Untuk diketahui, jumlah peserta Latsitardanus ke XI_II Tahun 2022 dan Pengasuh/Pembina di KLU berjumlah 267 orang. Rinciannya, pengasuh/Pembina 40 orang, Peserta Latsitarda : 227 orang.

Dari peserta tersebut, terdiri dari Akmil : 93 orang (laki-laki 87 orang dan perempuan 6 orang), Akademi Angkatan Laut AAL 17 orang (laki-laki 15 orang dan perempuan 2 orang), AAU 17 orang, (seluruhnya laki-laki), Akpol 50 orang (laki-laki 43 orang dan perempuan 7 orang), IPDN 24 orang (Laki-laki 19 orang dan perempuan 5 orang, serta mahasiswa 26 orang (laki-laki 18 orang dan perempuan 8 orang).

Peserta Latsitarda tersebar di 4 kecamatan, yakni  Bayan, Gangga, Tanjung dan Pemenang dengan sasaran kegiatan fisik dan non fisik serta penginapan yang telah di tentukan dan disiapkan. Kegiatan ini terhitung dari tanggal 14 Mei sampai dengan 11 Juni 2022. (ari)