Dicurigai Meninggal Tak Wajar, Makam Perempuan di Bima Dibongkar

0

Bima (Suara NTB) – Makam seorang perempuan warga Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, yang ditemukan meninggal dunia di sebuah kamar kos di Kelurahan Sadia Kecamatan Mpunda Kota Bima pada Sabtu, 18 Desember 2021, dibongkar. Almarhumah dicurigai pihak keluarga meninggal tidak wajar.

Pembongkaran makam perempuan yang diketahui bernama Desi Nivita Irmawati (27 tahun) tersebut dilakukan oleh Tim DVI Polda NTB serta tim Inavis Polres Bima Kota, pada Rabu, 29 Desember 2021.

Kasat Reskrim Polres Bima Kota, Iptu M. Rayendra RAP, S.T.K, S.I.K mengatakan, pembongkaran makam tersebut sudah mendapat persetujuan dari pihak keluarga. Tujuannya keperluan autopsi untuk mengetahui penyebab meninggalnya almarhumah. ‘’Makam dibongkar untuk keperluan autopsi. Setelah autopsi akan dikuburkan kembali,’’ jelasnya.

Ia mengaku terkait meninggalnya almarhumah dalam tahap penyelidikan. Bahkan sejumlah saksi telah dipanggil untuk dimintai keterangan, diantaranya teman dekat inisial A (pria) dan tiga rekan almarhumah berjenis kelamin perempuan.

‘’Tiga orang teman almarhumah, yakni MT, YS dan NA saat ini berstatus wajib lapor. Kasusnya kita selidiki,’’ ujarnya.

Sementara Kepala Desa Nipa Kecamatan Ambalawi, Mahfud Muhdar, mengaku pembongkaran makam almarhumah berdasarkan permintaan pihak keluarga, yang mendesak agar meninggalnya almarhumah diusut karena dicurigai meninggal tidak wajar.

Kades berharap hasil autopsi tersebut ditemukan titik terang penyebab meninggalnya almarhumah yang sudah dikuburkan selama 10 hari tersebut, sehingga pihak keluarga dan warga tidak lagi bertanya-tanya penyebab meninggalnya almarhumah.

Mahfud menambahkan, almarhumah merupakan sosok perempuan yang periang dan tangguh. Di usianya yang masih muda, Desi merupakan tulang pungung keluarga karena kondisi bapaknya dalam keadaan sakit keras.

“Almarhumah tulang punggung keluarga. Selama ini harus menafkahi keluarga dan membantu biaya pengobatan ayahnya yang sakit,” ujarnya.

Diberitakan Suara NTB sebelumnya, warga Bima digegerkan dengan penemuan sesosok mayat perempuan di sebuah kamar kos yang berada di RT 01 RW 05 Kelurahan Sadia Kecamatan Mpunda Kota Bima pada Sabtu, 18 Desember 2021 sekira pukul 22.00 Wita.

Kasat Reskrim Polres Bima Kota, Iptu M. Rayendra RAP, S.T.K, S.I.K mengatakan mayat yang ditemukan tersebut diketahui bernama Desi Nivita Irmawati (27 tahun) warga Desa Nipa Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima.  ‘’Korban ditemukan pertama kali oleh rekannya inisial MT,’’ ujar Kasat Reskrim.

MT, lanjut Kasat Reskrim, saat itu pergi ke kos korban untuk menginap. Saat masuk dalam kamar kos, MT melihat korban sudah tergeletak tidak bergerak di lantai kamarnya.

‘’Tak sadarkan diri MT berteriak dan memanggil nama korban dari jarak 1 meter, namun tidak dijawab,’’ katanya.

Dalam keadaan panik, MT kemudian bergegas keluar dari kamar kos korban dan memanggil rekannya YS yang berada di Lingkungan Kedo Kelurahan Ule Kecamatan Asakota. Beberapa menit, keduanya tiba di kos korban.

“Saat tiba di kos korban, MT dan YS melihat korban masih dalam posisi yang sama, tergeletak tak sadarkan diri dalam kamar kosnya,’’ katanya.

Melihat kondisi korban yang masih tak sadarkan diri, MT dan YS kemudian keluar ke gang untuk meminta bantuan dan pertolongan warga di sekitar lokasi kos. Selain itu, MT juga menelpon rekannya yang lain inisial NA, memberitahukan kejadian tersebut.

“MT, YS dan NA yang merupakan rekan korban bertemu di gang. Begitupun warga, terus berdatangan di kos korban hingga ada yang menelpon polisi,” ujarnya.

Sebelum ditemukan tidak sadarkan diri, korban sekira pukul 18.00 Wita masih dalam keadaan sehat. Namun yang terlihat korban hanya lemas dan sempat mengeluhkan sakit di dada ke MT.

“Hal ini berdasarkan keterangan rekan korban, MT,” ujar Kasat.

Tidak hanya itu, korban juga sempat meminta MT mengantarkannya ke salah satu retail lokal untuk berbelanja. Korban juga sempat menimbang badannya saat tiba di tempat belanja dan setelah itu langsung pulang ke kos bersama MT. (uki)