Gelombang di Perairan Selatan Bima dan Dompu Berpotensi Tinggi Selama 3 Hari

0

Bima (Suara NTB) – Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi cuaca di wilayah Bima dan Dompu yang berpotensi terjadi antara tanggal 22 sampai dengan 24 Desember 2023.

Selama tiga hari kedepan, diprediksi akan terjadi hujan disertai petir dan angin kencang. Selain itu, tinggi gelombang mencapai antara 0,5 meter, 1,25 meter hingga 2,5 meter di perairan wilayah Dompu dan Bima.

“Gelombang tinggi mencapai 2 meter lebih berpotensi terjadi di perairan selatan Bima-Dompu dan Samudra Hindia selatan NTB,” ujar Kepala Stasiun Meteorologi SMS Bima, Moch. Syaiful Annas S.Kom, Jum’at, 22 Desember 2023.

Ia mengaku, saat ini kondisi umum di wilayah Bima dan Dompu, cerah berawan pada pagi hingga siang hari. Pada siang dan sore hari berawan hingga berpotensi terjadinya hujan ringan. Serta pada malam hari dan dinihari cerah berawan.

“Suhu udara berkisar antara 24-35 celcius dengan kelembaban udara antara 55-95 persen. Angin umumnya bertiup dari tenggara-barat daya dengan kecepatan berkisar 10-30 km/jam,” katanya.

Ia menjelaskan kondisi itu disebabkan beberapa faktor, seperti suhu muka laut di wilayah sekitar Pulau Sumbawa berkisar 28 sampai dengan 30 celcius, dengan anomali di perairan utara menunjukkan nilai positif (lebih panas) sehingga dapat meningkatkan aktivitas penguapan.

“Selain itu, kondisi kelembaban udara relatif di wilayah Bima dan Dompu terpantau basah hingga lapisan 200 hPa,” katanya.

Untuk itu, diharapkan agar tetap waspada potensi cuaca ekstrem pada musim hujan seperti hujan Lebat, angin kencang, puting beliung, hingga badai. Terutama terjadinya  gelombang tinggi.

“Masyarakat, nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari, untuk tetap memperhatikan tinggi gelombang mencapai 2 meter,” pungkasnya. (uki)