Ni Komang Puspita Terpilih sebagai Ketua Dekorwil Puskor Hindunesia NTB 2024-2029

0

Mataram (Suara NTB) – Dewan Koordinator Wilayah (Dekorwil) Puskor Hindunesia NTB, berhasil memilih kepengurusan baru pada Minggu, 14 April 2024. Mukorwil dihadiri oleh peserta dari pengurus Dekorwil dan Dekorda se-NTB serta dari berbagai unsur keumatan yang ada di NTB. Mukorwil pertama ini berhasil memilih Ketua Dekorwil dan Ketua Dewan Pembina Dekorwil NTB periode 2024-2029.

Hadir pada acara tersebut, Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Kabid Hindu Kanwil Kemenag Provinsi NTB, para Anggota Dewan Hindu di Mataram, tokoh senior Hindu NTB serta para pengusaha dan Penyuluh Agama Hindu.

Ketua Dekorwil NTB periode 2019-2024, I Wayan Yogi Swara dalam sambutannya menceritakan perjalanan Puskor Hindunesia di NTB dan berkomitmen tidak akan mencalonkan diri menjadi Ketua Dekorwil periode berikutnya, karena akan fokus mengurus pekerjaan dan keluarga.

Sementara Dewan Pembina, I Gede Wenten, Sm.Hk pada kesempatan itu memberikan pemaparan tentang tujuan diadakannya Mukorwil, yakni sebagai perekat persatuan umat Hindu di NTB.

Sedangkan Rektor IAHN Gde Pudja, Prof. Dr. Ir. Wayan Wirata, menegaskan komitmen IAHN Gde Pudja Mataram dalam meningkatkan pelayanan umat di bidang pendidikan tinggi. Dalam setiap kesempatan ia selalu menyatakan kesediaannya untuk mengajak umat sedharma ikut memiliki lembaga Hindu tersebut, seraya mempromosikan berbagai program studi yang bisa dipelajari di perguruan tinggi tersebut.

Sementara Kabid Bimas Hindu Kanwil Kemenag Provinsi NTB, I Gede Suberata, SE, S.Ag, memaparkan pencapaian perjuangan Bimas Hindu di NTB dalam memperbanyak tenaga pengajar, penyuluh dan pegawai di kantor Kemenag NTB. Ia berharap agar Puskor Hindunesia NTB nantinya terus bersinergi untuk program pemberdayaan SDM umat melalui berbagai program yang akan disusun oleh pengurus baru.

Mukorwil dibuka oleh Ketua Umum Dekornas Puskor Hindunesia,  Dr(HC). Ida Bagus Ketut Susena, S.Kom, sekaligus memberikan sambutan singkat tentang pentingnya menjadi wadah organisasi pelayanan yang bermanfaat bagi umat. Ia juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pengurus Dekorwil NTB periode 2019-2024, khsususnya buat Wayan Yogi Swara, karena telah banyak berbuat untuk umat di NTB.

Susena menegaskan bahwa Puskor Hindunesia adalah ibarat rumah tanpa pintu yang terbuka bagi siapapun yang beragama Hindu, baik yang di pengurus maupun di luar kepengurusan. Karena yang terpenting menurut,Ketum Dekornas, adalah kesiapan untuk “ngayah”,  mengabdi tulus ikhlas.

Sidang Mukorwil diwarnai dinamika yang cukup kondusif dalam memilih Ketua Pengurus Dekorwil dan Ketua Dewan Pembina. Muncul tiga kandidat Ketua Dekorwil NTB atas aspirasi dari peserta yang hadir.

Setelah melewati beberapa tahapan, akhirnya terpilih secara aklamasi, aktifis sosial kemanusiaan, Ni Komang Puspita menjadi Ketua Dekorwil NTB 2024-2029. Sedang untuk Ketua Dewan Pembina terpilih I Wayan Karioka, seorang tokoh Hindu NTB, yang siap mengawal dan membimbing perjalanan pengurus yang baru terpilih. (r)