HUT RI, 30 Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Dalam Laut Gili Petagan Lotim

0

Selong (Suara NTB) – Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari 30 penyelam atau pengibar bendera merah putih melakukan upacara mengibarkan bendera merah putih di dalam laut Gili Petagan, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Atraksi pengibaran bendera sang saka merah putih dari dalam laut ini dilakukan dalam momentum HUT ke-76 RI.

Pengibaran bendera ini dimulai dari pukul 09.00 Wita oleh 30 tim penyelam yang berasal dari Kapela NTB, Hipla Lotim, Polairud, SeaSoldier, WCS, Yayasan KPPL Sambelia, dan Pokmaswas Petrando dan 70 peserta dari masyarakat, TNI Polri, Saka Bahari, Dispar Lotim, BPPD Lotim, dan Pemdes Padak Guar.

“Pengibaran bendera berada di kedalaman 9 meter dengan tinggi tiang bendera 13 meter,” terang Ketua Panitia, Herman, yang juga Sekretaris Pokmaswas Petrando.

Dalam momentum HUT ke-76 RI ini, kata Herman, turut dilakukan kegiatan pembentangan bendera merah putih sepanjang 76 meter di Gili Kondo yang diikuti oleh masyarakat yang melakukan kamping di Gili Kondo dan tim pengibar bendera merah putih.

Alasan dipilihnya kawasan tersebut sebagai lokasi upacara pengibaran bendera merah putih dalam momentum HUT ke-76 RI ini dikarenakan kawasan Petrando merupakan kawasan wisata bahari yang memiliki alam berupa biota laut, karang dan mangrove yang masih terjaga keasriannya oleh masyarakat.

Kekayaan dan keaslian biota dalam laut itu pun menjadi daya tarik wisata sehingga momentum kemerdekaan ini dijadikan spirit untuk menjadikan Petrando sebagai kawasan wisata bahari yang berkelanjutan serta bangkit kembali dari pandemi Covid-19.

Dijelaskan Idham, upacara pengibaran bendera merah putih di dasar laut ini merupakan kedua kalinya setelah HUT ke-75 RI tahun lalu yang merupakan pertama dan sukses dilakukan. Untuk proses pengibaran bendera merah putih di dasar laut inipun sama yaitu berupa menaikkan bendera dengan ketinggian tiang 13 meter.

“Setelah bendera dinaikkan, maka langsung dilepas. Tidak ada proses penurunan bendera.Waktu nya kurang lebih 20 menit dengan posisi tiang akan ditancapkan di dasar. Namun selesai kegiatan dilepas dan tidak ada upacara penurunan bendera,” pungkasnya. (yon)