65 Pejabat Struktural Unram Alih Jabatan ke Fungsional

Rektor Unram H. Lalu Husni sedang melantik dan mengambil sumpah jabatan fungsional, Rabu, 16 Desember 2020. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. H. Lalu Husni, S.H., M.Hum., melantik dan mengambil sumpah 65 pejabat struktural yang terdiri dari eselon III dan IV di lingkungan Unram yang dialihkan jabatannya ke dalam jabatan fungsional di ruang Sidang Senat gedung Rektorat Unram, Rabu, 16 Desember 2020.

Berdasarkan surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Nomor 123292/A.A3/KP/2020 Tanggal 10 Desember 2020 tentang Penyetaraan Pejabat Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Ainun Na’im, 65 orang pejabat Eselon III dan IV tersebut telah berubah statusnya menjadi pejabat fungsional.

Kebijakan itu pula didasarkan pada dorongan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang terus mendorong percepatan penyederhanaan birokrasi di instansi pemerintah melalui pengalihan pejabat eselon III-IV ke dalam jabatan fungsional.

Untuk itu telah diterbitkan Peraturan MenPAN-RB Nomor 28/2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional untuk menjamin kepastian dan pengembangan karier pejabat administrasi yang terdampak penyederhanaan birokrasi

Prof. Husni mengatakan peralihan jabatan struktural ke fungsional merupakan salah satu program pemerintah di bidang reformasi birokrasi. Guru Besar Ilmu Hukum itu menuturkan, tujuan dari program tersebut tidak lain agar Aparatur Sipil Negara (ASN) semakin profesional, semakin efektif dan efisien dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan.

“Karena itu saya berharap agar bapak ibu segera menyesuaikan diri dengan jabatan yang baru ini, agar kita bisa memberikan yang terbaik bagi Universitas Mataram dan diniatkan sebagai amal ibadah,” pesannya. (dys)