Bimbingan Teknis Bagi PKB/PLKB se-Pulau Sumbawa Dalam Rangka Menyongsong SDKI 2017

0

Mataram (Suara NTB) – Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Dr. Lalu Makripuddin, M.Si beserta jajaran melakukan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi para Petugas Lini Lapangan KB se-Pulau Sumbawa 16 s/d 19 Januari 2017. Kegiatan ini dipusatkan pada wilayah Kecamatan dengan kondisi pencapaian kesertaan ber-KB masih rendah.

BIMTEK Pelaksanaan Penggerakan Mekanisme Operasional Lini Lapangan di Kantor Kecamatan Seteluk KSB

Bimbingan Teknis yang dihadiri oleh Kepala SKPD KB Kabupaten/Kota, Camat, seluruh Penyuluh Keluarga Berencana, Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PKB/PLKB), dimaksudkan untuk menguatkan semangat pengelolaan program KKBPK di tingkat lini lapangan.

BIMTEK Pelaksanaan Penggerakan Mekanisme Operasional Lini Lapangan di Kantor Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu

Kepala Perwakilan BKKBN NTB, dalam sambutannya mengharapkan agar tenaga lini lapangan tetap semangat, sehat, dan bekerja luar biasa mengingat tantangan program kedepan bukan semakin ringan tetapi semakin berat.  Pada tahun 2017 juga akan diadakan SDKI (Survey Demografi Kesehatan Indonesia) sehingga perlu melakukan pembinaan ke semua lini di daerah-daerah yang pencapaian kesertaan KB masih rendah, dengan memanfaatkan databasis Pendataan Keluarga 2015.

BIMTEK Pelaksanaan Penggerakan Mekanisme Operasional Lini Lapangan di Kantor Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa

SDKI dilakukan dalam rangka mengumpulkan informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, prevalensi imunisasi, kesehatan reproduksi, prevalensi KB, serta pengetahuan tentang AIDS dan Premenstrual Syndrome (PMS).

Kepala Perwakilan BKKBN NTB juga menghimbau kepada PLKB dan PPKBD / Sub-PPKBD untuk melaksanakan  program KKBPK sesuai dengan mekanisme operasional di lapangan dan juga berperan aktif dalam melakukan penyuluhan KB di POSYANDU.

Penyerahan bantuan dari Perwakilan BKKBN Prov NTB bagi korban bencana banjir Bima diterima oleh pimpinan SKPD KB Kabupaten Bima

Survei ini menjadi acuan bagi BKKBN untuk menyusun dan menyajikan informasi mengenai tingkat kelahiran, kematian, jumlah keluarga berencana dan kesehatan di masing-masing daerah.

Pada Kesempatan pembinaan di Kabupaten Bima yang dilaksanakan di Kecamatan Madapangga, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB memberikan bantuan bagi korban banjir di Kabupaten Bima yang diterima oleh Kepala SKPD KB Kabupaten Bima.

Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian BKKBN atas musibah banjir yang dialami oleh masyarakat Bima. Selain itu, mengingat kondisi server dan komputer di Kota Bima yang semuanya hanyut akibat bencana banjir maka Kepala Perwakilan berencana untuk menghibahkan satu unit komputer dari Perwakilan BKKBN Provinsi NTB. (*)