Unisma Kerja Sama dengan Chiba University Tokyo, Kembangkan tentang Remote Sensing

0

Malang (suarantb.com) – Kamis, 23 Mei 2024, setelah tiga hari di Negeri Tirai Bambu, rombongan yang dipimpin Rektor Unisma Malang, Prof. Maskuri, M.Si., bersama Ketua Bidang Usaha Pengurus Yayasan Unisma, Prof. Dr. Mudawamah, M.Si., dan Wakil Rektor 4, Dr. Ir. Istirochah Pujiwati, MP., serta Kepala Pusat Kolaborasi dan Pengembangan Kerja sama Internasional, Sonny Elfiyanto, M.Pd., Ph.D., bergeser ke Negeri Sakura, Jepang.

Kunjungan diawali ke Chiba University, Tokyo melakukan MoU signing dengan Prof. Josephat Tetuka Sri Samantyo*, _Head of Josephat Microwave Remote Sensing Laboratory_. Pria kelahiran tahun 1970 ini merupakan Perwakilan Peneliti Ruang Angkasa, Jepang yang mengembangkan keilmuannya tentang _remote sensing_ pada satelit, radar, dan drone untuk sistem pertahanan, penginderaan jarak jauh vegetasi di bumi dan potensi kehidupan di planet lain seperti Mars dan Venus (_space and beyond).

Prof. Tetuko, panggilan akrab beliau akan menjadi *_Adjunct Profesor_* di Unisma, sebuah jabatan kehormatan bagi seseorang dari institusi di luar negeri yang memiliki peran penting dan kerja nyata dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk jangka waktu tertentu di Indonesia.
Sebagai bagian dari Center for Environmental Remote Sensing (CERaS), dalam pengembangan keilmuan yang dimilikinya untuk lingkungan juga melakukan observasi terhadap perubahan-perubahan karakter DNA pada binatang, seperti kepiting, kerang dan lainnya.

Sebagai langkah konkrit kerja sama ini, beliau akan datang ke Unisma dengan membawa 20 mahasiswa Chiba University berkunjung ke Unisma. Prof. Tetuko akan memberikan _Studium General atau Guest Lecture_ bagi mahasiswa dan dosen yang relevan dengan _remote sensing_ dan pemanfaatannya.

Sementara para mahasiswa dari Chiba University akan belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), _field study_, dan lain lain.

Harapan Rektor Unisma, kerja sama ini akan memacu kualitas lulusan Unisma di program studi Fakultas Teknik, Pertanian, Peternakan, MIPA, dan FKIP dalam pengembangan teknologi yang lebih adaptif terhadap dinamika zaman dan penguasaan bahasa Internasinal. Untuk mengantarkan mahasiswa menjadi lulusan yang kompetitif di kancah nasional dan internasional untuk menumbuhkan kreasi, inovasi baru yang unggul dan berdayasaing global dalam bidang IPTEKS. Demikian disampaikan Maskuri, Rektor yang low profil dan selalu berfikir kemajuan dan lompatan Unisma ini.
(r/*)