Wagub NTB Godok Kerja Sama dengan Notthingham University bersama KBRI London

0

Mataram (Suara NTB) – Bertempat di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) UK di London, Selasa, 13 Februari 2023, rombongan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah diterima oleh Wakil Duta Besar Indonesia di London Kasan Ashari bersama Atase Pendidikan Prof. Khaerul Munadi serta beberapa staf KBRI London.

Rombongan Wagub NTB didampingi Kepala Bappeda NTB, Dr. Ir. Iswandi, Kadis LHK NTB, Julmansyah, Kepala Bidang Persampahan Dinas LHK NTB, Firmansyah, staf Bappeda NTB, Dr. Eka Suryani serta dua staf Wakil Gubernur. Seluruh rombongan berjumlah tujuh orang.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Dubes RI London memberikan apresiasi kepada Pemerintah NTB, karena ini kerja sama kongkret yang dilakukan oleh sedikit pemda di Indonesia dengan UK. Pihak KBRI akan membantu terbuka kerja sama yang lainnya dengan Pemda NTB.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Siti Rohmi Djalilah memaparkan komitmen dari Pemprov NTB terkait dengan isu lingkungan, mengingat isu lingkungan bukan hanya isu lokal tapi telah menjadi isu global. Dimana isu perubahan iklim, pengelolaan sampah dan energi baru terbarukan telah menjadi isu global.

Untuk itu, Pemprov NTB berkomitmen untuk berkontribusi melalui NTB Net Zero Emision melalui 3 program yakni NTB Zero Waste, NTB Hijau dan Transisi Energi. Komitmen ini yang membuat Notthingham University UK tertarik bekerjasama dengan NTB.

Kehadiran rombongan Wakil Gubernur NTB atas undangan dari Notthingham University dengan seluruh pembiayaan dari pihak Notthingham University. Dimana akan dilakukan penandatangan Letter of Intent (LoI) antara kedua belah pihak di Notthingham. Dimana telah disepakati kerja sama ini dalam payung 3NCASE (NTB Notth Net Zero Carbon Strategic Alliance).

Pada kesempatan yang sama, apresiasi juga disampaikan oleh Atase Pendidikan KBRI London Prof. Khaerul Munadi. Ia menyampaikan, hal ini merupakan kerja sama yang sangat positif dengan perguruan tinggi. Dimana, Notthingham University juga banyak terlibat dengan isu Net Zero.

Khaerul Munadi berharap, kerja sama ini dapat diperluas dengan elemen Notthingham Goverment dan Notthigham Council (local govermant) atau Notthingham City. Dengan demikian, dapat terbentuk kerja sama sister city antara Mataram dengan Notthingham.

Kunjungan Wakil Gubernur NTB juga akan berdiskusi dengan pihak NGO Internasional yakni Islamic Relief UK di kantor pusatnya di Birmingham, yang rencananya akan digelar pada Jumat pagi, 17 Februari 2023. Pihak Islamic Relief saat ini telah bekerja di Lombok Utara, Sembalun Lombok Timur dengan NGO NTB yakni KONSEPSI dan juga belerja di Bima dan Dompu untuk isu kehutanan. (r)