UTS Raih Prestasi Bergengsi

Muhammad Hilmy Alfaruqi. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB)– Teknologi Sumbawa (UTS) kembali meraih prestasi bergengsi di tengah pandemi ini. Salah seorang dosen Teknis Metalurgi di UTS, Muhammad Hilmy Alfaruqi S.T, M.Eng, Ph.D, berhasil masuk dalam Top 15 Science Technology Index (SINTA) Score Indonesia.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D, bangga dengan prestasi ini. Mengingat UTS dengan umur yang masih muda berhasil masuk dalam 500 Peneliti Terbaik Indonesia. Mengutip Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/KaBRIN), Bambang P.S. Brodjonegoro dalam sambutannya pada acara SINTA Series Tahun 2020: 500 Peneliti Terbaik Indonesia Berdasarkan SINTA, menggunakan aplikasi meeting secara online.

Iklan

Muhammad Hilmy Alfaruqi, ST, M.Eng, Ph.D, atau akrab disapa Doktor Hilmy saat ini masih berada di Korea setelah beberapa bulan lalu menyelesaikan Doktoralnya di Chonnam National University, Korea Selatan.
Doktor Hilmy mewakili UTS dan Sumbawa serta bersama tiga peneliti lainya dari Universitas Indonesia, UGM dan LIPI, diminta oleh KEMENRISTEK/BRIN untuk memberikan sedikit statmen dan pemaparan.

Menurut Menteri Bambang, pemilihan UTS dalam penyampaian pemaparan dalam Live yang disaksikan ribuan pemirsa itu, dikarenakan kemunculan UTS di deretan nama-nama Universitas terbaik Indonesia, membuatnya penasaran dengan kampus yang berada di Kabupaten Sumbawa ini. Demikian juga UTS pun kebanjiran ucapan selamat dari para akademisi dari seluruh Indonesia.

Mewakili peneliti terbaik, menyampaikan pengalaman penelitian dan capaiannya, salah satunya disampaikan Muhammad Hilmy Alfaruqi bidang ilmu baterai dan material energi. Meski Hilmy baru menyelesaikan studi di Korea, namun sudah memiliki lebih dari 38 publikasi internasional dengan berbagai penghargaan internasional dan project di Korea. Namun akan kembali membangun Indonesia di wilayah timur.

Saat ini, lanjut Chairul, UTS berada di rangking 249 dari 4980 Kampus Se-Indonesia bidang Publikasi. Ia berharap Dr. Hilmy dapat terus memberikan inspirasi kepada seluruh civitas akademika UTS untuk terus berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa. Pencapaian ini membuktikan bahwa meski di usia muda, UTS telah mampu berkiprah dalam skala nasional dan global, UTS Membumi dan Mendunia. (arn)