Kemudahan dan Keamanan, Insentif Terbaik bagi Investasi

0

Taliwang (Suara NTB) – Bupati Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin menyatakan, insentif terbaik yang dapat diberikan oleh pemerintah kepada sebuah investasi yang masuk ke daerah adalah kemudahan dan keamanan.

“Kalau kita berikan kemudahan dalam hal izin misalnya terus kita berikan jaminan keamanan juga. Pasti akan lebih banyak lagi investor yang datang KSB untuk berinvestasi,” cetus bupati disela sambutannya pada acara peletakan batu pertama pembangunan Resort Rinjani Bay di desa Kertasari, kecamatan Taliwang, Rabu lalu.

Pemerintah KSB saat ini, kata bupati, akan terus berupaya memberi jaminan kemudahan dan keamanan terhadap investasi yang masuk ke daerah. Terutama dari sisi perizinan, hal-hal yang menjadi kewenangan kabuapaten pasti akan disegerakan selama seluruh syaratnya telah dipenuhi oleh perusahaan.

“Jangan sampai mereka para investor menunggu terlalu lama. Pekerjaan minor atau pekerjaan utama bisa kita lakukan sambil proses perizinan berjalan, sebab tidak mungkin investasi obyek wisata akan merusak lingkungan,” ungkap bupati seraya menyinggung terkait proses izin pembangunan Resort Rinjani Bay. “Ahmadulillah Amdalnya yang ini (Rinjani Bay) sudah selesai. Jadi silahkan dikawal agar jangan sampai terjadi masalah. Karena kalau kita lihat manfaatnya, baru buat jalan saja, sudah berapa orang kita (masyarakat lokal) yang sudah bekerja,” sambungnya.

Jaminan kemudahan dan keamanan itu lanjut bupati bisa menjadi daya tarik investor untuk datang ke KSB. Karenanya, orang nomor satu di KSB ini menitip pesan kepada manajemen Rinjani Bay untuk mengajak kolega dan jaringan investasinya untuk datang ke tanah Pariri Lema Bariri turut berinvestasi. “Kami punya banyak sumber daya yang bisa dikelola. Apalagi pariwisata. Kami sekarang sudah siapkan bandara yang segera bisa dioperiasikan. Jadi insyaallah untuk akses, KSB ke depan sudah sangat mudah dikunjungi oleh wisatawan,” klaim orang nomor satu di KSB ini.

Sementara itu, Budi selaku perwakilan dari Rinjani Bay menyampaikan, keberadaan dari Rijani Bay di KSB siap bekerjasama dengan stakeholder dalam membangun pariwisata daerah. “Kami sangat mengapresiasi dukungan dari pemda KSB dan mohon doa restunya agar kegiatan pembangunan kami ini berjalan dengan lancar. Dan kami bisa menyusun Program dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang,” katanya.

Ke depan, lanjut Budi, keberadaan Rinjani Bay akan bisa diniikmati manfaatnya bagi masyarakat desa kertasari khususnya dan KSB pada umumnya. “Kami pasti akan memberikan kontribusi positif bagi daerah dalam berbagai hal. Hal kecil misalnya tenaga kerja, pasti kami akan maksimalkan sumber daya lokal,” janjinya. (bug)