Kepala Kantor Bahasa NTB Resmikan TBM di Desa Lepak Timur

0

Mataram (Suara NTB) – Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Puji Retno Hardiningtyas menghadiri undangan peluncuran Taman Baca Masyarakat Haqqul Yaqin di Desa Lepak Timur, Kecamatan Sakra Timur, pada Rabu, 23 Agustus 2023 .

Berdirinya TBM ini merupakan inisiasi para mahasiswa KKN dari Universitas Gunung Rinjani dan Remaja Masjid Haqqul Yaqin Tibu Kesambik. Sedikitnya akses terhadap bahan bacaan berkualitas merupakan alasan didirikannya Taman Bacaan Masyarakat Haqqul Yaqin.

Puji Retno Hardiningtyas mengapresiasi berdirinya Taman Baca Masyarakat Haqqul Yaqin yang diinisiasi para siswa. “Survei BPS pada tahun 2022 mencatat Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai provinsi nomor dua dalam tingkat buta aksara se-Indonesia. Untuk itu, kami mengapresiasi apa yang dilakukan para pegiat literasi, khususnya dengan pendirian Taman Baca Masyarakat Haqqul Yaqin,” ujar Puji Retno.

Usai perayaan, Puji Retno Hardiningtyas bersama dengan Direktur LPPM Universitas Gunung Rinjani dan Sekretaris Desa Lepak Timur berkesempatan memotong pita sebagai simbol berdirinya Taman Bacaan Masyarakat Haqqul Yaqin secara resmi.

Acara peluncuran kali ini diisi dengan berbagai macam kegiatan. Panitia mempersiapkan pameran lukisan, pertunjukan musik akustik, nonton bareng, doa bersama, dan santunan anak yatim. Acara ini juga menampilkan para pegiat literasi yang ada di Pulau Lombok. Peluncuran TBM ini diharapkan dapat menjadi tonggak untuk mencerdaskan anak-anak di Desa Lepak Timur.

Kunjungan tim dari Kantor Bahasa Provinsi NTB diakhiri dengan penyerahan buku-buku bacaan penguat literasi kepada Taman Bacaan Haqqul Yaqin dan para pegiat literasi yang hadir. Bantuan ini diharapkan dapat menambah koleksi bacaan dan semangat para pegiat literasi. (ron)