Yang Jompo yang Memilih

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 90 orang penghuni Panti Sosial Tresna Werda atau biasa disebut Panti Jompo ini menggunakan hak pilihnya dalam piilkada NTB, Rabu, 27 Juni 2018. Sebagian langsung mendatangi TPS 9, sebagian lagi didatangi secara langsung di kamarnya oleh petugas PPS.

“Di TPS ini ada 170 daftar pemilih. Yang dari panti sendiri ada 90 orang, sisanya itu warga sekitar,” kata Ketua KPPS TPS 9 Lingkungan Pemuda Kelurahan Dasan Agung Baru, Aisar Rifki, di Mataram, Rabu, 27 Juni 2018.

Iklan

Dari 90 orang yang memiliki hak suara, sebanyak 16 orang dibantu oleh petugas PPS dan didatangi langsung ke kamarnya. Mereka itu yang dalam kondisi sakit dan kurang sehat. Sehingga harus didatangi langsung dengan kertas suara dan kotak suara yang sudah disediakan.

“Memang ada yang didatangi secara langsung. Dan mereka itu yang sudah tidak kuat berjalan dan ada yang kurang sehat,” ujarnya.

Banyak dari penghuni panti jompo ini yang meminta pendampingan. Sebab sebagian dari mereka ada yang tidak dapat melihat dengan jelas. Sehingga harus dibantu petugas dalam memilih gubernur dan wakil gubernur yang diinginkannya.

Sementara di TPS 9 yang berada di aula PSTW sendiri dipenuhi oleh lansia yang akan menggunakan hak pilihnya. Mereka sudah mulai berdatangan sejak pukul 07.30 Wita ke TPS didampingi petugas PSTW.

“Mereka sudah datang dari pagi sekali. Bahkan ada yang menunggu sebelum pemungutan suara dimulai. Kita mengapresiasi kegigihan mereka dalam menggunakan hak suaranya,” ujarnya.

Diketahui bahwa setiap adanya pemilihan umum, aula PSTW selalu dijadikan satu TPS. Sehingga dapat memudahkan para penghuni PSTW atau warga lansia yang tinggal di panti ini untuk menggunakan hak suaranya.

“Kalau kami lihat, mereka sudah punya pilihan sendiri. Sehingga banyak dari mereka yang tidak perlu dibantu petugas. Namun ada pula yang minta dibantu,” ujarnya.

Ia mengatakan tidak ada kendala yang berarti saat melakukan pemungutan suara di PSTW ini. Bahkan dengan antusias yang baik dari semua penghuni panti, pemungutan suara di panti ini berjalan dengan baik dan lancar hingga akhir. (lin)