Yan Rasakan Sisi Lain Manfaat dari Program JKN – KIS

L. Rahardian Wira Kusuma (Suara NTB/ist)

Selong (suarantb.com)– Tren positif pengguna program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus meningkat sepanjang tahun. Seluruh manfaat hadirnya Program JKN-KIS juga telah banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu manfaatnya adalah mendapatkan perlindungan dan memperoleh jaminan kesehatan jika sakit melanda. Akan tetapi, banyak yang tidak tahu jika BPJS Kesehatan juga telah bekerjasama dengan beberapa merchant untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS.

Iklan

Salah satu yang merasakan manfaat dari penyelenggaraan Program JKN-KIS ini adalah L. Rahardian Wira Kusuma, seorang warga Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Saat ditemui di tempat kerjanya, Yan begitu sapaan akrabnya, menceritakan pengalaman yang tidak terduga yang ia rasakan saat berkunjung ke Bali.

“Saya sudah lama menjadi peserta JKN-KIS, kalau tidak salah sudah dari tahun 2014 lalu dan sampai sekarang allhamdulillah belum menggunakan manfaatnya untuk berobat,” cerita Yan kepada tim Jamkesnews pada Kamis, 9 Juli 2020.

Kendati belum pernah menggunakan kartu kepesertaan JKN-KIS untuk berobat, Yan tetap merasa bersyukur telah menjadi peserta JKN-KIS. Hal tersebut ia lontarkan karena merasa aman dan terlindungi dengan adanya Program JKN-KIS. Lebih lanjut, Yan menceritakan bahwa ia mendapatkan manfaat dari kartu JKN-KIS selain untuk berobat ketika ia mengunjungi salah satu rumah makan yang berada di Bali

“Saya pernah mendapatkan manfaat mempunyai JKN – KIS tetapi bukan untuk berobat. Saat itu saya pergi ke Bali dan mampir di salah satu warung makan di Bali. Saya membaca bisa mendapatkan diskon 10% untukpeserta JKN-KIS dengan menunjukan kartu atau bisa tunjukkan aplikasi Mobile JKN. Nah kebetulan saya sudah lama download aplikasi Mobile JKN, saya tunjukkan dan ternyata benar saya dapat diskon langsung 10%,” ucap Yan takjub.

Yan baru mengetahui benefit menjadi Peserta JKN – KIS dan dirinya pun takjub dengan banyaknya manfaat dari Program JKN-KIS. “Wah tidak menyangka kalau menjadi Peserta JKN – KIS banyak sekali manfaatnya,” tutup Yan. (r/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here