Yan Ingin Tetap Berprestasi

0
Yan Bahtiar (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Usia atlet Triathlon NTB, Yan Bahtiar tidak muda lagi, namun semangat untuk menjadi atlet belum bisa putus. Di usia yang sebentar lagi akan memasuki 40 tahun, atlet asal Kota Bima ini masih tetap bersemangat berlatih. Alasannya ingin tetap berprestasi di triathlon.

Ditemui Suara NTB usai latihan renang  di Kolam Renang Gebang Mataram, Minggu, 19 April 2020, atlet asal Kabupaten  Bima ini mengatakan  di cabang olahraga triathlon tidak ada batasan umur untuk berpartisipasi.

IKLAN

Selama atlet masih ingin berpartisipasi, masih terbuka peluang untuk dapat mengikuti lomba triathlon nasional maupun internasional. Oleh karena itu, diisinya yang akan  menginjak 40 tahun, dia masih bersemangat latihan, tujuannya ingin cetak prestasi di kejuaraan triathlon nasional tahun ini.

“Saya tetap latihan, siapa tau Virus Corona (Covid-19) akan  selesai dalam waktu dekat ini, dan  saya selalu siap ketika  kejuaraan akan digelar dalam waktu dekat ini,” ucapnya.

Diakui Yan, di tahun 2020 sebenarnya cukup banyak  jadwal kejuaraan nasional triathlon, namun karena adanya Covid-19 membuat sejumlah event triathlon  dibatalkan. Namun demikian meski banyak event yang dibatalkan, ia tetap fokus latihan untuk tetap menjaga stamina fisik.

Diusia yang sebentar lagi menginjak 40 tahun ini, atlet kelahiran tahun 1981  ini masih tetap berlatih. Targetnya adalah ingin menorehkan prestasi di level nasional tahun 2020. Diakuinya, di usianya ini dia masih sering menorehkan prestasi. Terakhir di Bali Triathlon Internasional  tahun 2019, ia berhasil naik podium dua di nomor elite triathlon internasional.

Dengan melihat prestasi yang sudah diukir tahun lalu, targetnya  ke depan adalah  dapat  terus  mempertahankan prestasi, dan kalau bisa meningkatkan prestasi yang sudah ada.

Diakuinya, sebelum menutup karir sebagai atlet, dia punya mimpi ingin turun di kejuaraan lari lintas Sumbawa yang menempuh rute sejauh 300 Kilometer(K) . Ia optimis bisa berlari sejauh 300 kilometer,  karena di tahun  sebelumnya dia juga pernah turun di kejuaraan yang sama dengan mengikuti nomor lari  jarak jauh 150 Kilometer dan meraih peringkat 11 besar nasional. (fan)