Wujudkan Data Berkualitas, BPJS Kesehatan Bima Gelar Pemutakhiran Data Bersama Pemda

BPJS Kesehatan Cabang Bima bersama dengan Pemerintah Daerah Kota Bima yang diwakili oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan Kota Bima melaksanakan kegiatan Pemutakhiran Data Peserta PBPU yang didaftarkan oleh Pemerintah Kota Bima, Rabu, 8 September 2021. (Suata NTB/jun)

Bima (Suara NTB) -Sebagai langkah untuk memastikan keakurasian data kepesertaan program JKN-KIS di wilayah Bima, BPJS Kesehatan bersama dengan Pemerintah Daerah Kota Bima yang diwakili oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan Kota Bima melaksanakan kegiatan Pemutakhiran Data Peserta PBPU yang didaftarkan oleh Pemerintah Kota Bima, Rabu, 8 September 2021.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Tati Haryati Denawati menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab BPJS Kesehatan untuk memastikan akurasi dan akuntabilitas data peserta JKN-KIS. Selain itu, Dena menyebut kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hubungan kemitraan dan keterbukaan informasi antara BPJS Kesehatan dengan para pemangku kepentingan khususnya di Kota Bima.

Iklan

“Kami berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan lainnya yang telah mendukung penyelenggaraan Program JKN-KIS di Kota Bima. Melalui sinergi yang dibangun, harapannya penyelenggaraan JKN-KIS di Kota Bima dapat berjalan dengan optimal dan seluruh masyarakat mendapatkan haknya,” ungkap Dena.

Selain melakukan pemutakhiran data Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang didaftarkan oleh Pemda Kota Bima, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk penyandingan data Peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), DTKS dan data penerima santunan kematian Pemerintah Kota Bima.

“Kami terus mengupayakan keakurasian data kepesertaan JKN-KIS yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Kota Bima. Hal ini juga dilakukan untuk memastikan kepesertaan JKN-KIS Kota Bima sesuai dengan sasarannya. Melalui kegiatan pemutakhiran data ini, hasilnya akan dirasakan ke depan yaitu data peserta yang akurat dan akuntabel,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Bappeda dan Litbang Kota Bima, Drs. Muhamad Fakhrunraji. Ia mengatakan, pemutakhiran data ini merupakan tanggung jawab bersama seluruh pihak terkait BPJS Kesehatan Cabang Bima, Pemerintah Kota Bima serta masyarakat Kota Bima sendiri yang telah menjadi Peserta JKN-KIS.

“Apresiasi kami kepada pihak BPJS Kesehatan karena memfasilitasi kegiatan ini sampai dengan selesai. Strategi seperti ini yang telah dijalankan bersama dengan instansi teknis dapat dilakukan secara berkelanjutan sehingga terbangun koordinasi yang kuat dan hasil pemutakhiran data peserta yang akurat,” terang Fakhrunraji. (*)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional