WSBK Sirkuit Mandalika, TNI-Polri Maksimal Amankan Lingkaran Luar Sirkuit

Imam Thobroni. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Rencana operasi pengamanan Idemitsu Asia Talent Cup dan World Superbike Sirkuit Mandalika sudah selesai disusun. Sebanyak dua ribu personel disebar dalam tiga ring pengamanan. Pengamanan sudah sangat siap menjaga kelancaraan kejuaraan dunia balap motor perdana di bumi NTB ini.

“Untuk pengamanan, kami juga akan memberdayakan masyarakat di sekitar lokasi sirkuit,” ucap Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni Jumat, 1 Oktober 2021.

Iklan

Polda NTB sudah menggelar Focus Group Discussion (FGD) tengah pekan ini untuk membahas kesiapan pengamanan tersebut. Pengamanan ini melibatkan personel lintas instansi serta gabungan dari beberapa fungsi teknis. Baik kepolisian maupun kelembagaan lain.

Sejumlah fungsi yang diterjunkan antara lain, intelijen, lalu lintas, pengamanan objek vital, Brimob, Samapta, Provost, kedokteran dan kesehatan, dan teknologi informasi. “Diharapkan pada saatnya nanti diharapkan semua dapat berperan sesuai fungsinya,” ujarnya.

Imam menyebut secara keseluruhan personel yang diterjunkan sebanyak 1.957 orang. Antara lain dari Polda NTB 896 personel, Polres se-Pulau Lombok di bawah kendali Polda NTB 861 personil, dan TNI 200 personel. Personel ini dibagi dalam ring pengamanan masing-masing.

“Zona pengamanan dibagi dalam zona pengamanan pintu masuk, pengamanan jalur menuju sirkuit, dan pengamanan kawasan Mandalika. Sasarannya, lokasi sirkuit, lokasi akomodasi, bandara, dan jalan-jalan menuju sirkuit,” jelasnya.

Area pengamanan meliputi Zona Barat berupa pengamanan hotel dan pengamanan bukit, demikian juga pada Zona Tengah, dan Zona Timur. Pengamanan zona ini berkaitan dengan pintu masuk dan area yang langsung berbatasan dengan sirkuit.

“Pola pengamanannya dengan mengisi pos-pos dan mobile, berpindah-pindah. Untuk ring dua personelnya langsung dari Dorna Sport,” urai Imam.

Dia mengatakan rangkaian pengamanan ini didahului pengamanan kedatangan tamu VVIP Presiden RI dan para menteri yang berencana meninjau kesiapan. Latihan parsial sudah digenjot untuk kelancaran penerapan pengamanan tersebut.

“Selanjutnya akan dilaksanakan latihan bersama di lapangan. Kami juga akan meminta masukan dari tokoh di Lombok Tengah serta masyarakat lingkar sirkuit agar pengamanan dapat berjalan lancar,” tutup Imam. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional