Wow, Mobil Rp2,6 Miliar untuk Empat Pimpinan Dewan

Infografis  dana Mobdis Pimpinan DPRD NTB jika dikonversi untuk kebutuhan langsung rakyat. (Sumber : Fitra NTB)

Mataram (Suara NTB) – Empat pimpinan DPRD NTB yang baru terpilih pada Pemilu 2019 lalu, segera mendapatkan fasilitas mewah. Empat unit mobil dengan total pagu anggaran sebesar Rp2,6 miliar akan segera meluncur ke garasi mereka dalam waktu dekat.

Hal itu terungkap dari penelusuran Suara NTB, Kamis, 2 Januari 2020, di laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan di lingkup Sekretariat DPRD NTB. Di laman tersebut, terungkap bahwa pengadaan kendaraan jabatan roda 4 Pimpinan DPRD itu dianggarkan dengan nilai sekitar Rp2,6 miliar.

Iklan

Perilaku ini sontak memicu tanggapan dari sejumlah kalangan. Forum Transparansi Anggaran (Fitra) NTB mensinyalir, sumber anggaran pengadaan mobil dinas (Mobdis) Pimpinan DPRD NTB senilai Rp2,6 miliar tidak jelas. Alokasi anggarannya diduga ‘’siluman’’, karena tidak selaras dengan rencana strategis (Renstra) Sekretariat Dewan 2018 – 2023. Pengadaan itu disarankan dibatalkan.

Fitra NTB menelisik sumber anggaran Mobdis itu pada KUA-PPAS 2020,  namun tidak ada anggaran pengadaan mobil jabatan empat Pimpinan DPRD NTB. ‘’Bagaimana anggarannya masuk? Padahal dibahas oleh DPRD periode sebelumnya,” kata Sekjen Fitra NTB, Ramli Ernanda kepada Suara NTB, Selasa, 7 Januari 2020.

Terkait hal ini, Suara NTB berupaya melakukan konfirmasi kepada Ketua DPRD NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda, SH, MH, melalui pesan instan WhatsApp. Namun, meski telah membaca pesan, ia tidak merespon permintaan klarifikasi tersebut.

Sementara itu, Sekretaris DPRD NTB, Mahdi Muhammad menepis anggapan bahwa anggaran pengadaan mobil tersebut adalah anggaran siluman.

Menurutnya, pengadaan mobil untuk empat Pimpinan DPRD NTB itu sudah melalui mekanisme pembahasan APBD 2020. Hanya saja, ujar Mahdi, proses pengadaannya akan dilakukan sesuai standar protokoler pimpinan DPRD NTB. (aan/ars/ndi)

Advertisement