Workshop Penulisan RPP, Perpustakaan SMAN 1 Mataram Gandeng HMI Komisariat FKIP Unram

Pelatihan dan pembuatan RPP yang digelar di Aula Rinjani SMAN 1 Mataram, Sabtu, 16 Oktober 2021. (Suara NTB/ ist)

Mataram (Suara NTB) – Dalam upaya meningkatkan minat dan kecakapan dalam bidang keguruan,Perpustakaan SMAN 1 Mataram sebagai barometer literasi sekolah bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) menggelar Pelatihan Penulisan dan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Sabtu, 16 Oktober 2021.

Pelatihan tersebut mengundang dua narasumber, yakni Murni Kurnia, S.Pd. M.M.,Kepala Perpustakaan SMAN 1 Mataram  dan Yayuk Kurniawati, M.Pd. guru SMPN 4 Narmada Lombok Barat sekaligus sebagai Wakil Ketua Dharma Wanita SMAN 1 Mataram Bidang Pendidikan.

Iklan

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rinjani SMAN 1 Mataram diikuti 34 peserta, baik itu kader HMI Komisariat FKIP Unram dan 8 orang mahasiswa yang sedang melaksanakan kuliah kerja partisipasi (KKP) di SMAN 1 Mataram.

Kepala Perpustakaan SMAN 1 Mataram Murni Kurnia, dalam pemaparannya, menjelaskan, perencanaan adalah suatu cara untuk membuat suatu kegiatan, khususnya kegiatan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. “Perencanaan merupakan hasil proses berpikir dan pengkajian untuk penyeleksian dari berbagai alternatif yang dianggap lebih memiliki nilai efektivitas dan efisiensi, perencanaan ini merupakan awal dari sebuah proses pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar,” terangnya dalam siaran pers yang diterima Suara NTB, Senin, 18 Oktober 2021 .

Menurutnya, RPP berguna untuk mempermudah para guru dalam membuat metode pembelajaran lebih sistematis. Selain itu memudahkan analisis keberhasilan belajar siswa, memudahkan penyampaian materi, pengatur pola pembelajaran dan menghemat waktu dan tenaga.

Pihaknya juga mengingatkan peserta dalam pembuatan RPP tidak hanya bisa dipahami hanya dengan sekali pelatihan. “Dalam pelatihan pembuatan RPP sebenarnya tidak bisa digelar hanya sehari,” terangnya.

Sementara Sekretaris Umum HMI Cabang Mataram Agus Salim Nur, S.Pd., menyampaikan motivasi kepada seluruh peserta agar dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan oleh narasumber agar dapat mempermudah peserta dalam membuat RPP nantinya. (ham)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional