Wisatawan Semakin Gemar Menyelam di Lombok

Mataram (Suara NTB) – Wisatawan semakin menyukai keindahan bawah laut di NTB, khususnya Lombok. Tidak sedikit wisatawan yang khusus berkunjung untuk menikmati pemandangan bawah laut, terutama di kawasan gili. Ini juga menguntungkan para penyedia jasa atau sewa alat selam yang ada di destinasi wisata.

“Banyak dari wisatawan yang meminta untuk diajak menyelam. Saya biasanya ajak menyelam ke Gili Meno, kalau di pinggir-pinggir saja, mereka bisa menyelam di Gili Trawangan. Pemandangan bawah lautnya juga tidak kalah menarik,” kata pelaku pariwisata asal Lombok Barat, Zaenuddin, di Mataram, Selasa, 30 Januari 2018.

Iklan

Banyak dari wisatawan yang merasa kurang lengkap saat berkunjung ke Gili Trawangan tanpa melakukan kegiatan snorkel atau menyelam.

Pengusaha penyewa yang kebanyakan warga lokal ini mengaku cukup untung, sebab setiap hari selalu ada wisatawan yang menggunakan jasa pada penyewaan alat selam. Teruma wisatawan mancanegara yang tidak pernah melewatkan waktu untuk menyelam selama di Trawangan.

“Setiap hari selalu ada yang sewa. Satu set alat snorkel itu kita sewakan dengan harga Rp 50 ribu. Biasanya bule-bule (wisatawan mancanergara) banyak yang sewa,” kata salah satu pengusaha penyewaan alat selam, Jojo Winarta belum lama ini.

Ia mengaku dalam sehari setidaknya ada 20 wisatawan yang menggunakan jasanya. Ia bisa mendapatkan untung kurang lebih Rp 1 juta dalam sehari. Saat sepi, ia dapat mengantongi setidaknya Rp 600 ribu dalam sehari.

Pengakuan yang sama juga diungkapkan Muhammad Sukri selaku pengusaha penyewaan alat selam di Trawangan. Ia mengaku bisa mendapatkan hasil penyewaan hingga Rp 2 juta dalam sehari. Kalau sedang sepi, ia bisa mendapatkan hingga Rp 800 ribu dalam sehari.

“Disini yang snorkel banyak. Karena memang spot snorkelingnya banyak. Ada juga yang diving, tapi kita tidak bisa sewakan. Karena izinnya khusus,” ujarnya.

Zaenuddin melihat, selama keindahan bawah laut di kawasan gili tidak rusak atau tercemar, wisatawan akan selalu meminta untuk diajak menyelam ke sana. Sebab wisatawan sudah banyak yang tahu bahwa Lombok memiliki gili yang memiliki pantai dan bawah laut yang indah. Baik gili yang ada di Kabupaten Lombok Utara maupun gili-gili yang ada di daerah lainnya di NTB. (lin)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional