Wisatawan Keluhkan Sulitnya Transportasi ke Destinasi Sumbawa

Mataram (Suara NTB) – Pulau Sumbawa semakin dikenal wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Hanya saja untuk mencapai sejumlah destinasi di Pulau Sumbawa, wisatawan mengaku kesulitan akses transportasi. Terutama bagi wisatawan yang melakukan perjalanan sendiri tanpa melibatkan agen perjalanan wisata.

‘’Di Pulau Sumbawa itu susah ya transportasinya. Misalnya aku ke Mantar, itu nunggu mobil atau ojek ke atas itu lama hampir 4 jam. Selain itu aku ke Pulau Moyo, itu juga nunggu perahunya lama hampir 4 jam juga,” keluh wisatawan asal Bandung Alif Pratama kepada Suara NTB, di Mataram, Jumat, 28 April 2017.

Iklan

Destinasi yang ada di Pulau Sumbawa tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Hanya saja keterbatasan akses menjadi kendala dan menjadikan wisatawan terkesan enggan untuk berkunjung. Padahal potensi yang dimilikinya cukup baik dan sangat menjual. Hal ini harus menjadi perhatian pemerintah daerah. Sebab transportasi merupakan hal utama yang digunakan wisatawan agar dapat menjangkau destinasi tersebut.

‘’Kalau yang pakai travel agent sih enak ya, semua disiapkan oleh mereka. Tapi ada beberapa orang yang berlibur itu lebih suka jalan sendiri tanpa travel agent, aku misalnya. Aku lebih enjoy dan nyaman kalau jalan sendiri, di sini transportasi sangat penting. Karena tidak mungkin aku bawa kendaraan dari Jawa ke Sumbawa,’’ ujarnya.

Pemerindah daerah yang ada di Pulau Sumbawa setidaknya dapat mengambil tindakan strategis untuk mengatasi persoalan itu. Sebab akses merupakan hal yang sangat penting bagi wisatawan. Sebelumnya Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Junaidi mengatakan bahwa persoalan akses masih menjadi hal utama yang akan dibenahi. Pihaknya akan memperbaiki akses dan transportasi agar bisa menjangkau destinasi-destinasi unggulan di Kabupaten Sumbawa.

‘’Memang persoalan akses ini masih menjadi kendala utama kami. Tapi kami akan terus berupaya untuk memperbaiki dan melengkapi akses ke destinasi. Apalagi kami punya Pulau Moyo yang menjadi salah satu andalan kami. Ini menjadi PR terbesar saat ini,’’ ujarnya. (lin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here