Wisatawan Kapal Pesiar Bakal Diarahkan ke Sekotong

Giri Menang (Suara NTB) – Kapal pesiar yang sudah singgah di Pelabuhan Pelindo III Lembar tahun 2016 ini mencapai belasan kapal. Para wisatawan dari kapal pesiar ini sejauh ini hanya diarahkan ke beberapa lokasi wisata di Lombok. Khusus Lobar hanya menyasar beberapa lokasi wisata, seperti Banyumulek, Gunungsari, Senggigi, Narmada. Wisatawan belum diarahkan berkunjung ke destinasi Sekotong.

‘’Pelindo sangat siap mengarahkan para wistawan itu ke Sekotong, namun dengan catatan Pemda menyiapkan dulu destinasi di wilayah tersebut, ujar General Manager Pelindo III Lembar, Baharudin kepada wartawan di Pelabuhan Lembar, Rabu, 14 September 2016.

Iklan

Menurut Baharudin, wisatawan dari kapal pesiar yang singgah di Lembar mencapai puluhan ribu setiap tahun. Sejauh ini, mereka diarahkan ke wilayah Senggigi dan Gunungsari. “Kenapa rizki yang besar wisatawan yang diangkut kapal pesiar ini dibiarkan begitu saja? Kenapa tidak ditawarkan di Sekotong itu destinasi wisatanya. Kami (Pelindo, red) siap mengarahkan travel agar membawa wisatawan ke sana,” janji Baharudin.

Menurutnya, komitmen Pelindo mengarahkan potensi besar berupa wisatawan yang diangkut kapal pesiar seharusnya ditangkap oleh pemda. Seharusnya pemda mulai sekarang menyiapkan segala sesuatu di destinasi wisata. Untuk membawa wistawan ke destinasi tertentu jelasnya, perlu disurvai dan dipersiapkan sebaik mungkin. Pihaknya siap menawarkan Sekotong ke travel agar mau membawa tamu ke sana.

Dikatakan, kesiapan pemda menyambut pelabuhan pesiar internasional harus dimulai dari sekarang. Mulai dari daerah Lembar, ia mempertanyakan apakah pemda sudah memikirkan begitu kapal cruise singgah para tamu mau dibawa kemana di Lembar. Pemda seharusnya mempersiapkan lokasi dimana tamu bisa memperoleh kuliner, wisata penginapan dan wisata pantai.

Ia mencontohkan, jika kapal cruise singgah tanggal 18 September. Pemda harus memikirkan event tetap apa yang disuguhkan ke wistawan agar ketagihan datang ke Lobar. “Misalnya ada wistawan yang mau mantenan mau berkunjung ke Lobar. Mereka menunggu dulu ada even yang digelar, contoh atraksi tari-tarian yang dibuat pemda di Cemara untuk menarik mereka ke sini,” jelasnya.

Pada event ini dikombinasi dengan tradisi khas dan makanan khas Lombok. Menurutnya, hal ini tentu akan menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung. (her)