Wisatawan Asing Diajak Tertib Berlalu Lintas

0

Praya (Suara NTB) – Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lombok Tengah (Loteng) mulai mengintensifkan sosialisasi terkait aturan berlalu lintas. Fokus sasaran sosialisasi adalah wisatawan asing, karena cukup tingginya pelanggaran lalu lintas yang melibatkan wisatawan asing.

“Sekarang selain warga lokal, wisatawan asing juga kita berikan pendidikan dan pemahaman berlalu lintas yang baik,” sebut Kapolres Loteng, AKBP Kholilur Rochman, SIK., melalui Kanit. Dikyasa Satlantas Polres Loteng, Aiptu H. Arsil, Rabu, 13 September 2017.

IKLAN

Ia mengaku, pelanggaran lalu lintas yang sering ditemukan berupa pengguna helm serta kelengkapan surat-surat kendaraan. “Selama ini pelanggaran yang dilakukan wisatawan asing jarang ditindak. Tapi kali ini tidak lagi,” tegasnya.

Setelah sosialisasi aturan berlalu lintas kepada wisatawan asing selesai dilakukan, baru setelah itu akan dilanjutkan dengan penindakan. “Jadi setiap pelanggaran lalu lintas, baik itu yang dilakukan warga lokal maupun wisatawan asing, semua akan ditindak tanpa terkecuali,”  ujarnya.

Pasalnya, pada aturan berlalu lintas ini, ujarnya, tidak ada yang diistimewakan dalam hal ini, baik warga lokal maupung orang asing. Mereka harus ditindak sesuai aturan hukum yang berlaku. Untuk penindakan nantinya, tidak hanya oleh jajaran Satlantas Polres Loteng saja. Tetapi juga akan melibatkan satuan lainnya yang ada di Polres Loteng.

Arsil menambahkan, selain wisatawan asing, para pemilik hotel, homestay maupun pengedia kendaraan sewaan juga akan diingatkan supaya melengkapi kendaraanya dengan kelengkapan yang dibutuhkan. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi wisatawan asing nantinya untuk mengelak, ketika ditindak oleh aparat.

“Semua pihaknya akan kita ingatkan. Ini semua kita lakukan, dengan harapan bisa menekan angka pelanggaran lalu lintas. Terutama pelanggaran lalu lintas yang melibatkan wisatawan asing,” tandasnya. (kir)