Wisata Yacht Dunia Segera Survei ke Sumbawa

Para Yachter naik pickup saat berkunjung ke desa Batudulang Kecamatan Batulante saat Sail Moyo Tambora September 2018 lalu. (Suara NTB/arn)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Tim dari organizer wisata relly yacht dunia, telah menjadikan Sumbawa sebagai daerah tujuan dalam dua hari terakhir. Sebagai bagian dari Sail Indonesia. Awal maret mendatang, mereka akan turun survei ke Sumbawa untuk memastikan lokasi berlabuh sekalligus destinasi mana yang akan dikunjungi saat perhelatan Sail 2019, September mendatang.

Sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Sumbawa, M. Irfan S.P, M.M, Senin,  25 Februari 2019. Tim mereka dari Jakarta akan datang melakukan survei sekitar Maret mendatang. Untuk memastikan lokasi mana tempat berlabuh para yachter yang berasal dari berbagai negara nantinya. Sekaligus mengamati kesiapan fasilitas pendukung lainnya. “Kita akan dampingi mereka turun survei nantinya,”terangnya.

Iklan

Beberapa alternatif lokasi berlabuh diantaranya di sepanjang pantau utara jalur Samota. Termasuk di pantai Labuan Badas Sumbawa, lokasi yang digunakan tempat berlabuh yackter saat perhelatan Sail Moyo Tambora 2018 lalu.  Sama seperti tahun lalu, saat para yachter nantinya berlabuh di Sumbawa, mereka akan mengunjungi sejumlah destinasi di Sumbawa. Seperti Batudulang, Pernek, wisata hiu paus Labuan Jambu dan lainnya. Diketahui tahun lalu ada sekitar 47 yachter mancenagara yang berkunjung ke Sumbawa. “Tahun ini, kita harapkan lebih banyak yachter yang datang ke Sumbawa,”pungkasnya (arn)