Wirakse Dilantik Pekan Depan

Ketua DPRD Loteng  M. Tauhid mengelar gladi bersih pelantikan anggota DPRD Loteng yang baru Jumat, 18 Desember 2020. Pelantikan direncanakan pada Senin, 21 Desember 2020 pekan depan. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) telah menjadwalkan pelantikan H.L. Wirakse sebagai anggota DPRD Loteng yang baru dari jalur Pengganti Antar Waktu (PAW), pada Senin, 21 Desember 2020 pekan depan. Sebelumnya DPRD Loteng menerima SK Gubernur tentang pengangkatan H.L. Wirakse sebagai anggota DPRD Loteng pengganti (alm) L. Arabiah. Sebagai persiapan, Jumat, 18 Desember 2020, DPRD Loteng menggelar gladi bersih proses pengambilan sumpah jabatan politisi Partai Nasdem tersebut.

“Sudah dijadwalkan, pelantikan H.L. Wirakse sebagai anggota DPRD Loteng digelar Senin besok,” tegas Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Loteng, Suhadi Kana, S.H., Jumat siang.

Ia menjelaskan, seluruh tahapan sudah dijalankan. Termasuk pembahasan jadwal di tingkat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Loteng.

Karena pelantikan dilaksanakan di masa pandemi Covid-19, maka proses pengambilan sumpah jabatan digelar sesuai protokol Covid-19. Dalam hal ini, undangan yang hadir akan dibatasi serta wajib menggunakan masker. Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19, untuk memastikan protokol Covid-19 dijalankan baik.

“Dengan Satgas Covid-19 kita sudah berkoordinasi terkait agenda pelantikan anggota DPRD Loteng yang baru ini,” ujarnya seraya menambahkan, sesuai tata tertib yang ada, pengambilan sumpah jabatan anggota PAW DPRD Loteng tersebut akan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Loteng.

Pelantikan H.L. Wirakse sebagai anggota PAW DPRD Loteng merupakan satu dari tiga agenda penutup DPRD Loteng di tahun 2020 ini. Selain penyampaian laporan hasil Pansus Covid-19 serta rapat paripurna penyampaian kinerja DPRD Loteng yang akan digelar di penghujung tahun 2020 mendatang.

Sebelumnya, Suhadi Kana menjelaskan, sebenarnya ada dua kursi di DPRD Loteng yang lowong. Satu kursi yang ditinggalkan (alm) L. Arabiah, anggota Fraksi Partai Nasdem serta kursi yang ditinggalkan oleh Ahmad Ziadi, anggota Fraksi Partai Demokrat yang maju sebagai calon kepala daerah di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Loteng lalu.

Hanya saja, karena baru Partai NasDem yang mengajukan usulan PAW maka baru itu saja yang sudah diproses sampai sejauh ini. Sementara untuk pengisian kursi kosong di Fraksi Partai Demokrat masih harus menunggu usulan dari partai politik bersangkutan.

“Prinsipnya kita menungggu usulan yang masuk. Kalau sudah ada usulan, maka segera akan diproses. Kalau usulan belum masuk, apanya yang mau di proses,” tandas Kabag. Humas Sekretariat DPRD Loteng ini. (kir)