Wilayah Kekeringan Mulai Disuplai Air Bersih

Penyaluran air bersih di Desa Hijrah, Kecamatan Lape, Kabupaten Sumbawa.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pemkab Sumbawa melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai menyalurkan bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan. Penyaluran ini didahulukan ke wilayah-wilayah pesisir yang sudah sangat mendesak.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, Muhammad Nurhidayat, S.T mengakui mulai dilakukan pendistribusian air bersih. Penyaluran dilakukan di wilayah, yakni zona barat disediakan tiga armada tanki air, zona tengah dua armada tanki air dan zona timur tiga armada tanki air. “Hari ini mulai disalurkan di tiga wilayah. Yakni di wilayah barat dari Alas sampai Alas Barat sudah mulai jalan, ada tiga tanki. Wilayah tengah seperti Sumbawa, Labuhan Badas, Moyo Utara, Moyo Hilir, ada dua tanki.  Wilayah timur seperti Lape, Lopok, Maronge ada tiga tanki,” ujarnya kepada wartawan, Rabu, 8 September 2021.

Iklan

Disebutkannya, saat ini tersedia sebanyak 572 tanki air untuk disalurkan ke warga terdampak. Hal ini merupakan bantuan pemerintah provinsi NTB. Dalam penyaluran, pihaknya mendahulukan daerah-daerah pesiri karena sudah sangat mendesak. “Totalnya sekitar 572 tanki. Saya dahulukan daerah yang betul-betul kekurangan air. Terutama daerah pesisir sangat  mendesak,” terangnya.

Menurutnya, dengan jumlah yang tersedia, kemungkinan penyaluran akan selesai sampai 10 atau 15 hari ke depan. Karena masyarakat sudah sangat membutuhkan air bersih. Namun penyaluran tersebut belum bisa mencukupi kebutuhan masyarakat terdampak. Karena yang terdampak kekeringan di Kabupaten Sumbawa tersebar di 17 kecamatan. Sehingga pihaknyaberharap bantuan dari pemerintah pusat segera terealisasi. “Jumlah 572 tanki ini belum cukup untuk mencover kebutuhan masyarakat. Karena ada 17 kecamatan, masih kurang. Nantinya ketika bantuan dari provinsi habis, kelanjutannya ada dua alternatif. Menupayakan anggaran kabupaten atau pemerintah pusat. Tetapi karena dana kabupaten minim, kita tetap mengupayakan bantuan pusat. Sudah kita usulkan,” pungkasnya. (ind)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional