WhatsApp dengan Mode Gelap Mendarat di Indonesia, Sudah Coba?

Tangkapan Layar WhatsApp Mode Gelap. (Suara NTB/aan)

Mataram – Mode gelap, fitur terbaru dari WhatsApp akhirnya meluncur secara resmi. Pengguna WhatsApp di Indonesia akhirnya bisa menikmati fitur tersebut. Tapi, apa sebenarnya dark mode? Dan untuk situasi apa kita membutuhkan mode gelap ini?

Pantauan Suara NTB, Kamis, 5 Maret 2020 pagi di laman Google Play Store misalnya, fitur terbaru dari WhatsApp ini sudah tersedia.

Iklan

Dalam keterangan yang menyertai pembaruan tersebut, dark mode disebutkan sebagai salah satu fitur yang menyertai pembaruan ke versi terbaru tersebut. Di versi Android, aplikasi WhatsApp yang telah dilengkapi tema antarmuka serba gelap ini bisa ditemukan pada versi 2.20.64. Sementara bagi pengguna iOS, bisa mendapatkannya pada versi 2.20.30.

Untuk menikmati fitur ini, pengguna dengan perangkat yang kompatibel tinggal memperbarui aplikasinya di Play Store atau Apple Store. Selanjutnya, pengguna bisa mengaktifkannya di WhatsApp dengan membuka fitur setelan, pilih chat, lalu pilih tema, lalu pilih gelap.

Uji coba yang dilakukan Suara NTB juga memperlihatkan bahwa fitur dark mode ini memberikan pengalaman membaca yang cocok untuk kondisi ruangan yang gelap.

Melalui laman resminya, WhatsApp menjelaskan bahwa mode gelap memang menawarkan tampilan baru yang lebih familiar. Tema gelap ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan cahaya rendah.

WhatsApp berharap mode ini bisa membantu penggunanya untuk menghindari saat-saat canggung, di mana telepon dinyalakan di dalam ruangan yang gelap dan membuat penggunanya silau.

Manfaat penggunaan mode gelap atau dark mode ini memang dirancang untuk situasi-situasi semacam itu. Misalnya saja, saat pengguna berada di bioskop, dimana layar ponsel yang terang bisa mengganggu penonton lainnya. Sementara, ada komunikasi penting yang harus dijawab segera di WhatsApp.

“(Dark mode) ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan yang kurang cahaya. Dan kami berharap ini membantu mencegah saat-saat canggung di mana telepon Anda juga menerangi ruangan.” (aan)