Waspadai Varian Baru Covid-19

Lalu Martawang. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Tim Gugus Tugas Penangana Covid-19 Kota Mataram mengingatkan masyarakat meningkat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, varian baru Covid-19 telah masuk di Bali dan lebih cepat menular dan mematikan. Masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Mataram, Drs. I Nyoman Suandiasa menyampaikan, langkah dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 varian baru ini dengan menyesuaikan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Artinya, wisatawan masuk ke wilayah NTB khususnya Kota Mataram harus mempedomani regulasi. “Kita mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat,” kata Nyoman dikonfirmasi, Selasa, 4 Mei 2021.

Iklan

Virus Covid-19 varian baru dikabarkan telah masuk ke daerah tetangga yakni Bali. Pengetatan penerapan protokol kesehatan harus dilaksanakan oleh masyarakat. Pencegahan penularan menjadi tanggungjawab seluruh sektor.

Pelaksana tugas Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram, Lalu Martawang juga mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan prokes secara ketat. Pemerintah tidak melarang masyarakat beraktivitas asalkan lebih awal mendeteksi potensi penularan virus corona. Misalnya, jika terjadi kerumunan lebih cepat mengatur jarak. Mencuci tangan dan mengenakan masker. “Saya kira prokes ini menjadi syarat harus dipenuhi oleh masyarakat,” ujarnya.

Kondisi saat ini diakui menjadi tantangan berat pemerintah. Pemerintah berupaya menyeimbangkan ikhtiar pemulihan ekonomi dan kesehatan. Tetapi prioritas utama adalah kesehatan masyarakat. Salah satu cara untuk bertahan hidup adalah dengan 5M tersebut.

Terkait pemanfaatan rumah sakit darurat,Martawang menyampaikan, dua hotel tetap digunakan sebagai tempat isolasi bagi pasien dengan status orang tanpa gejala. Hal ini untuk memastikan tingkat keterpaparan dapat terkendali. Disamping itu, varian baru Covid-19 diduga berasal dari India juga perlu diwaspadai. Virus ini lebih cepat menular dan mematikan. (cem)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional