Waspadai Potensi Bencana

Mahfuddin Noor. (Suara NTB/cem)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram memperkirakan hujan deras disertai angin kencang masih terjadi dalam beberapa hari kedepan. Potensi munculnya bencana seperti genangan, angin puting beliung serta luapan sungai harus diwaspadai akibat dampak hidrometeorologi.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram, Mahfuddin Noor membenarkan, beberapa hari terakhir muncul cuaca ekstrem seperti hujan dengan durasi lama disertai angin kencang. Kondisi ini patut diwaspadai oleh masyarakat karena akibat bencana hidrometeorologi berdampak terhadap genangan, pohon tumbang, puting beliung serta luapan sungai. “Kita harapkan masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan,” imbau Mahfuddin dikonfirmasi, Jumat, 5 Maret 2021.

Iklan

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terhadap potensi bencana, Pemkot Mataram telah menetapkan status siaga bencana sampai 31 April mendatang. Sebenarnya, fase bencana hidrometeorologi di Kota Mataram telah lewat. Tetapi cuaca tidak bisa diprediksi, sehingga kembali terjadi hujan lebat. Kendati demikian, tidak menimbulkan genangan cukup signifikan dan pohon tumbang di satu titik saja. ”Titik genangan biasa di Lingkungan Karang Buaya, Pagutan Timur. Dinas PUPR sudah mengantisipasi sehingga tidak ada luapan air dari saluran sampai ke jalan,” terangnya.

Namun demikian kata Mahfuddin, hujan deras di bagian hulu justru dikhawatirkan menimbulkan luapan. Terutama Sungai Ancar berpotensi menimbulkan genangan di Jalan Panji Tilar bahkan banjir di kawasan Kekalik. Air yang datang dari hulu tidak saja debitnya, melainkan membawa material seperti sampah dan batang pohon. Hal ini yang dipantau terus oleh petugas BPBD, agar air tidak masuk ke pemukiman warga. “Petugas siaga dan langsung ditangani,” ucapnya.

Solusi jangka panjang penanganan banjir maupun genangan adalah melakukan pengalihan volume air di saluran. Kewenangan ini menjadi ranah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional