Waspadai Petir dan Angin Kencang di Malam Tahun Baru

Giri Menang (Suara NTB) – Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Lombok Barat mengeluarkan peringatan dini tentang cuaca beberapa hari kedepan. BMKG mengeluarkan perkiraan cuaca sejak Minggu, 29 Desember 2019 hingga jelang tahun baru Selasa, 31 Desember 2019, dimana pada tiga hari itu masyarakat harus waspada dan hati-hati terhadap potensi hujan besar disertai kilat (petir) dan angin kencang.

Berdasarkan perkiraan BMKG tersebut, beberapa wilayah yang berpotensi dilanda cuaca kurang bersahabat hampir semua daerah di NTB. Termasuk wilayah Lombok Barat, Mataram, KLU, Lotim, Loteng, Sumbawa, Dompu, Bima, Sumbawa barat, kota Bima.

Iklan

“Dengan tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir, masyakarat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak Bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat (Petir),” jelas Prakirawan BMKG Lombok barat Budi Setyawan Minggu, 29 Desember 2019.

Selain itu lanjut dia, bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari dan masyakarat yang beraktifitas di sekitar wilayah pesisir diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi dan dengan ketinggian mencapai 2 meter di selat Lombok bagian selatan, selat alas bagian selatan, samudera Hindia selatan NTB dan selat sape bagian selatan.

Untuk pembaruan peringatan dini Cuaca Minggu Tanggal 29 Desember 2019 masih berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai kilat atau petir, dan angin kencang pada siang hari di wilayah Jereweh, Lunyuk, Ropang, Lape, Lopok, Moyo hilir, Moyo hulu, Keruak, Praya timur, Praya, Janapria, Batukeliang, Terara, Gerung, Kediri, Jonggat, Kopang, Sikur, Sakra, Bayan, Gangga, Pujut, Sekotong Tengah, Masbagik, Selong, Sukamakmur, Aikmel, Narmada, Peringgarata, dan sekitarnya.

Dijelaskan, untuk kondisi cuaca menjelang Tahun Baru, dari segi Angin berhembus dari Barat yang membawa masa udara basah yang berpotensi menyebabkan hujan pada siang hingga sore hari. Bahkan untuk daerah tertentu di NTB ada hujan nya mulai pada sore hingga malam hari.”Dan perlu diwaspadai juga potensi hujan disertai angin kencang, puting beliung dan petir,” jelas Budi.

Sementara itu akibat cuaca buruk angin kecang disertai hujan yang cukup lebat yang menguyur kecamatan lembar akhir pekan kemarin mengakibatkan pos pelayanan Natal dan tahun baru di pelabuhan lembar roboh dan mobil patroli lalulintas mengalami kerusakan ringan bagian spion patah dan ringsek di bagian body kiri atas roda depan diterjang angin kencang.

“Di pelabuhan Lembar telah terjadi hujan di sertai dengan angin kencang,” kata Kapolsek kawasan pelabuhan Lembar, Iptu Wayan Sugiana.

Selain itu akibat cuaca buruk hujan disertai angin kencang pihak pelabuhan sempat menunda kapal penyebarangan menuju padang bai bali dan lombok surabaya terkait jarak pandang kurang aman.

“Untuk penyeberangan Lembar – padang bai setelah koordinasi antara BPTD dan KSOP untuk menunda keberangkatan KMP NUSA SAKTI dan KMP LEGUNDI yang seharusnya berangkat pukul 15.00 wita sampai cuaca agak aman dan jarak pandang aman untuk pelayaran,” ucap Iptu Wayan Sugiana.

Sementara itu, kerusakan terjadi pada Spandek atas ruang tunggu tepatnya di atas kantor GS terbawa angin dan pagar pembatas pelabuhan Pelindo dan tempat kontainer roboh serta tenda pos sekuriti juga roboh.

“ Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, baik dari petugas pelayanan Nataru mapun dari warga tau penumpang kapal,” tutup Iptu Wayan Sugiana. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional