Waspadai Mutasi Virus Covid-19

H. Mohan Roliskana. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Mataram, H.Mohan Roliskana mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai mutasi virus Covid-19. Virus ini lebih cepat menular dan membahayakan. Saat ini,menjadi perhatian adalah mutasi virus B117. “Mutasi virus ini yang perlu kita waspadai,” kata Mohan pada Rabu, 5 Mei 2021.

Mohan mengatakan, kondisi saat ini sangat memprihatinkan. Hampir seluruh daerah di Indonesia bahkan dunai mengalami lonjakan kasus. Kota Mataram berupaya keluar dari zona orange menuju zona hijau. Tetapi butuh kerjas keras untuk mencapai tujuan itu. Intervensi melalui berbagai program jadi wujud ikhtiar mengatasi pandemi Covid-19. Upaya menekan penyebaran dilakukan bersama TNI,Polri serta stakeholder lainnya.

Iklan

Walikota menilai tuntutan mengantisipasi penyebaran Covid-19 bukan lagi sekadar pengetahuan dan perilaku standar menerapkan protokol kesehatan,yakni mencuci tangan,memakai masker,menghindari kerumunan,mengurangi mobilitas dan menjaga jarak. Tuntutan utama adalah rasa empati dan semangat berjuang bersama. “Hal konkret inilah yang membantu kita menangani Covid-19,”pesannya.

Mutasi virus bisa menjadi ancaman,sehingga masyarakat taat menerapkan prokes dan mensukseskan program vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan,dr.H.Usman Hadi membenarkan,kasus ditemukan di luar negeri seperti India terjadi mutasi virus corona. Kabarnya, virus ini lebih berbahaya karena tingkat penularan lebih cepat dan berbahaya. Karena itu, ia mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. “Sekarang ini paling penting prokes tadi itu,”tambah Usman.

Tingginya mobilitas masyarakat menjelang lebaran Idul Fitri menjadi tantangan. Pusat perbelanjaan ramai,sehingga protokol kesehatan sulit dijaga. Usman mendukung langkah dari Kepolisian,TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja mengawasi semua pusat perbelanjaan yang berpotensi terjadinya kerumunan. Minimal mengurangi risiko penularan. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional