Waspadai Ledakan Kasus Covid-19

Muhammad Tantowi Jauhari (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB)-Corona Virus Disease (Covid-19) masih harus terus diwaspadai. Saat ini, kasus-kasus positif baru merupakan transmisi lokal campuran dan tidak ada klaster khusus.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. R. Soedjono Selong, Dr. Muhammad Tantowi Jauhari saat ditemui di Selong, Selasa, 29 Desember 2020.

Saat ini, ujarnya, perawatan pasien Covid-19 di RSUD Selong masih bisa terkendali. Antara pasien positif sembuh dengan yang positif ini masih berimbang. Sembuh lima, keluar lima rata-rata per hari. ‘’Catatan secara keseluruhan sebagian besar sembuh. Jumlah pasien positif yang masih dirawat sekarang sebanyak 42 orang,’’ ujarnya.

RSUD Selong, tambahnya, menyiapkan 106 tempat tidur. Menurutnya dengan temuan kasus yang baru ini masih cukup longgar. Semua masih bisa menampung pasien positif, baik anak, dewasa maupun ibu ibu bersalin yang reaktif masih bisa ditampung.

Namun, yang perlu diwaspadai ke depan ini adalah klaster sekolah. “Kita bersyukur tidak ada pilkada di Lotim, tapi harus waspada saat masuk sekolah nanti,” ungkapnya.

Sebelum masuk sekolah, katanya harus diantisipasi dan dikaji lebih matang bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) soal potensi kemunculan kasus. Klaster sekolah ini katanya pernah muncul. “Sekolah ini pernah muncul di dua sekolah, sehingga perlu dikaji betul,” demikian ungkapnya.

Satuan Tugas Penanganan Covid Lotim merilis, sampai tanggal 29 Desember tercatat 692 kasus positif di Lotim. Dari jumlah tersebut sebanyak 606 kasus yang sudah sembuh dan saat ini masih dirawat sebanyak 59 kasus. Sebanyak 27 orang dinyatakan meninggal dunia. (rus)