Waspadai Gelombang Setinggi Dua Meter

Ilustrasi gelombang tinggi. (Gambar oleh Roger Mosley dari Pixabay)

Mataram (Suara NTB) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah mengimbau masyarakat terutama di sepanjang pesisir sembilan kilometer Pantai Ampenan tetap waspada. Pasalnya, seminggu ke depan diprediksi akan ada angin kencang dan gelombang setinggi 1,5 – 2 meter.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika untuk wilayah Kota Mataram dalam tujuh hari ke depan, umumnya cuaca cerah berawan. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi angin kencang dan gelombang pasang setinggi 2 meter. Pengalaman pekan kemarin angin kencang merobohkan dua pohon besar.

Iklan

“Sesuai perkiraan BMKG mulai tanggal 5-11 Oktober cuaca cerah berawan. Tetapi perlu diwaspadai gelombang pasang,” kata Kepala BPBD Kota Mataram, Mahfuddin Noer, Senin, 5 Oktober 2020.

Selain gelombang tinggi lanjut Mahfuddin, potensi angin puting beliung juga perlu diwaspadai. Wilayah rawan terjadi angin puting beliung di wilayah Selatan dan Ampenan. Bahaya angin puting beliung bisa merusak bangunan dan dikhawatirkan menimpa warga.

Menurutnya, kejadian ini tidak bisa diprediksi kapan dan di mana wilayah terdampak. “Kita waspada saja karena memang ndak bisa kita prediksi,” tandasnya.

BPBD mengantisipasi dua bencana tersebut dengan kesiapsiagaan personel dan logistik. Personel siaga 24 jam patroli memantau titik – titik rawan, termasuk berkoordinasi dengan instansi teknis. Selain itu, kesiapan logistik lainnya seperti menyiapkan karung untuk membangun tanggul sementara untuk menahan genangan, tenda,mesin penyedot air dan lain sebagainya.

Mahfuddin mengingatkan terutama masyarakat di pesisir pantai harus meningkatkan kewaspadaan. Bila perlu mengevakuasi diri bila gelombang pasang terjadi. “Dari sisi personel dan logistik kita sudah siap,” ucapnya. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional