Waspadai Cuaca Ekstrem, Pemkot Siagakan Petugas 24 Jam

Ahmad Muzaki. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram mulai menyiagakan petugas guna mengantisipasi dampak musim hujan yang diperkirakan datang lebih cepat dari biasanya. Terlebih Kota Mataram masuk daftar wilayah yang mungkin mengalami cuaca ekstrem hingga akhir tahun mendatang.

“Perkiraannya sudah masuk musim hujan mulai 1 Oktober, itu konstan sampai tiga bulan kedepan. Bulan September ini memang ada anomali cuaca,” jelas Sekretaris BPBD Kota Mataram, Ahmad Muzaki, Senin, 27 September 2021.

Iklan

Untuk itu BPBD telah menyiapkan beberapa skenario antisipasi. Khususnya untuk potensi banjir, pohon tumbang, puting beliung, dan cuaca ekstrem lainnya. “Patroli kita juga masih aktif, jalan seperti biasanya. Sementara terus memantau, kita koordinasikan juga dengan dinas-dinas lainnya,” jelas Muzaki.

Dicontohkan untuk hasil pantauan di sepanjang jalan utama di Kota Mataram. Jika ada pohon yang dinilai berisiko tumbang, maka pihaknya meminta Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pemotongan atau pemangkasan.

“Khusus untuk wilayah pesisir juga kita koordinasikan dengan Camat dan Lurahnya supaya mengingatkan warga tetap waspada,” jelasnya. Kemudian untuk antisipasi banjir dan genangan pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan pembersihan drainase.

“Prinsipnya kita siaga 24 jam, termasuk berkeliling ke wilayah pesisir untuk memastikan kondisi ombak. Kemudian jalur-jalur utama yang banyak pohonnya, dan pemantauan untuk potensi-potensi bencana karena musim hujan lainnya,” ujar Muzaki.

Berdasarkan laporan Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Majid yang diterima pihaknya Kota Mataram memang masuk daftar wilayah waspada untuk potensi hujan disertai kilat dan angin kencang. Selain itu potensi gelombang laut mencapai dua meter atau lebih juga diperkirakan terjadi di Selat Lombok bagian utara dan selatan, Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia bagian selatan NTB, dan Selat Sape bagian selatan. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional