Waspada Peralihan Musim Saat Pandemi Covid – 19

Peta sebaran hari tanpa hujan di Wilayah NTB pada  periode peralihan menuju musim kemarau. (sumber : BMKG)

Mataram (Suara NTB) – BMKG mengingatkan masyarakat agar dalam masa pandemi Covid -19 ini mewaspadai periode peralihan musim. Curah hujan yang mulai masuk kategori rendah, diperkirakan akan menjadi penanda masuknya musim kemarau.

Dalam catatan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, curah hujan di NTB pada dasarian II April umumnya dalam kategori rendah. Meski demikian, masih ada beberapa wilayah dengan curah hujan kategori menengah, seperti di wilayah Lombok Tengah bagian Selatan, sebagian kecil wilayah Kabupaten Lombok Utara, serta sebagian kecil wilayah Kabupaten Sumbawa Besar.  Curah Hujan tertinggi hanya terpantau di Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga sebesar 131 mm/dasarian.

Iklan

‘’Sementara sifat hujan pada dasarian II April 2020 umumnya atas normal hampir di seluruh wilayah NTB,’’ kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lombok Barat, Luhur Tri Uji Prayitno.

Hari tanpa hujan atau HTH juga makin dirasakan.  HTH kategori menengah  antara  11 sampai  20 hari dan terpanjang di Wera, Kabupaten Bima sampai sepanjang 42 hari.

Atas situasi ini, dijelaskan Luhur Tri, peluang curah hujan pada Dasarian III April mendatang cukup rendah.  Curah hujan >20mm per dasarian mencapai 80  sampai 90  hanya di beberapa wilayah NTB seperti wilayah Lombok Timur bagian utara, Kabupaten Sumbawa Barat bagian Barat serta sebagian kecil wilayah Kabupaten Bima. Sedangkan curah hujan >50mm per dasarian berpeluang <20 persen hampir di seluruh wilayah NTB.

Sehingga dampak dengan kondisi ini, wilayah NTB saat ini berada pada periode peralihan musim, yakni dari musim hujan ke musim kemarau.

Luhur Tri mengimbau, agar masyarakat tetap waspada dan berhati – hati potensi terjadinya cuaca ekstrem. Meski masa peralihan, namun patut diwaspadai  bencana hidrometeorologis seperti hujan lebat, angin kencang, angin puting beliung dan tanah longsor. (ars)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional