Waspada, Ada Penipuan Berkedok Bantuan BPJS Kesehatan

Selong (Suara NTB) – Ada saja cara oknum yang mencoba meraup keuntungan dengan cara menipu. Modusnya beragam. Antara lain melalui pesan singkat atau SMS yang dikirim ke para calon korban. SMS tersebut juga menampilkan alamat situs bodong guna mengelabui para korban.

Salah satu kedok yang digunakan sang penipu ini adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). “Selamat anda terpilih sebagai penerima DANA BANTUAN Rp 37 juta dari BPJS INDONESIA. untuk info; klik www.bantuanbpjs.19blogspot.com”. Demikian salah satu pesan singkat dikirim sang pelaku.

Iklan

Yang lain berbunyi, ” selamat anda mendapatkan dana bantuan dari BPJS Pusat senilai cek Rp 75 juta. Untuk info klik; www.bpjs44.kk.” pesan ini dikirim juga via sms dari nomor telpon seluler.

Kepala BPJS Kesehatan, Dr. Gerry Adhikusuma yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publok, Hj. Ellya Sahara mengakui adanya pesan singkat yang diduga kuat merupakan modus penipuan. BPJS Kesehatan sendiri tidak pernah ada program penyaluran dana semacam itu. Adanya OSR yang jumlahnya tidak sedemikian besar.

BPJS Kesehatan Cabang Selong mengimbau warga tidak mudah percaya dengan pesan pesan singkat yang berkedok penyaluran bantuan tersebut. Dalam penyaluran bantuan, ada mekanisme tersendiri yang dilakukan BPJS.

Jika warga menerima pesan singkat seperti diatas, diminta segera konfirmasi ke pihak BPJS Kesehatan. Atau dapat menghubungi layanan 1500.400. “Silakan kalau ada sms seperti itu datang ke kantor BPJS terdekat,” demikian pintanya. (rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here