Warga Perumahan di Lombok Barat Dievakuasi Pakai Perahu

Proses evakuasi warga menggunakan perahu karet. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Banjir bandang melanda sebagian kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat akibat hujan lebat sejak Minggu, 1 Maret 2020 sore. Dampaknya ratusan rumah warga Perumahan di Bhayangkara Residence terendam. Warga terpaksa dievakuasi dari kubangan banjir menggunakan perahu BPBD.

Laporan yang masuk ke Pusdalops BPBD NTB, berawal dari hujan lebat yang mengguyur sejak Pukul 14.00 Wita, hingga Pukul 20.00 Wita tak kunjung reda. Sungai Ranjok yang tidak jauh dari perumahan warga meluap.

Iklan

“Sungai Ranjok meluap, mengakibatkan banjir di BTN Bhayangkara di Desa Ranjok, Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat,” kata Kepala Pelaksana BPBD NTB, H. Ahsanul Khalik.

Akibatnya, 120 rumah warga Perumahan tersebut terendam. Keseluruhan sekitar 360 Jiwa terdampak banjir.

Rumah warga yang tergenang banjir membuat mereka kesulitan keluar rumah, karena air setinggi lutut membuat warga terjebak. Tim BPBD NTB bersama BPBD Lobar langsung menuju rumah warga terdampak dan mengerahkan perahu karet untuk evakuasi.
warga dievakuasi di tempat aman. Sementara tim BPBD berkoordinasi dengan PLN untuk memadamkan aliran listrik yang dikhawatirkan memakan korban.

Kondisi terbaru, air masih menggenangi rumah warga, sementara evakuasi oleh tim gabungan masih berlangsung.
Hasil pengecekan pada pengungsi, sangat dibutuhkan tenda pengungsi, terpal, selimut, matras dan kebutuhan pokok lainnya. (ars)