Warga Pertanyakan Proyek Pengendalian Banjir Taliwang

Taliwang (Suara NTB) – Warga desa Sapugara Bree, kecamatan Brang Rea mempertanyakan kapan pekerjaan proyek pengendalian banjir Taliwang akan dimulai di desanya.

Proyek yang dilaksanakan oleh Badan Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I itu sebelumnya telah menempatkan salah satu item kegiatannya di desa Sapugara Bree dan dijanjikan akan dimulai tahun 2017 ini. “Iya warga kami sudah bertanya-tanya kapan proyeknya mulai dikerjakan,” aku Kepala Desa Sapugara Bree, Andi Subandi, S.Pd kepada wartawan, Senin, 23 Oktober 2017.

Iklan

Adapun item kegiatan proyek pengendalian banjir Taliwang yang ditempatkan di Sapugara Bree berupa tanggul pengaman sungai. Menurut Andi, dari beberapa kali sosialisasi yang dihadirinya pihak BWS menyatakan pekerjaan tanggul tersebut akan dimulai tahun ini. Berdasar informasi tersebut pihaknya pun telah menyampaikan ke warganya.

“Warga kami tentu antusias karena selama ini memang itu yang dibutuhkan. Nah sekarang mereka terus bertanya ke kami kapan dimulainya apalagi sudah mau akhir tahun sekarang. Dan kami tidak berani jawab karena sejauh ini belum ada aktivitas (pembangunan) di lokasi,” paparnya.

Ia mengatakan, secara teknis wilayah desanya berharap realisasi pembangunan beronjong sungai itu bisa dimulai tahun ini. Pasalnya lokasi penempatan beronjong tersebut selama ini terus terjadi abrasi setiap banjir datang. Warga pun semakin khawatir kondisi tersebut akan mengancam lahan mereka yang berada di bantaran sungai.

“Itu juga alasan warga kami mulai mempertanyakannya karena fasilitas itu sangat dibutuhkan,” cetusnya.

Ia pun berharap, BWS memberikan kepastian informasi yang jelas seputar rencana pembangunan beronjong sungai tersebut di desanya. Minimal kejelasan jadwal pelaksanaannya apakah akan dieksekusi tahun ini atau ditunda tahun depan. “Memang proyek ini kan tidak tahun ini saja. Tapi kami harap ada informasi terkini yang bisa disampaikan ke warga kami,” harapnya. (bug)