Warga Penjual Bantuan Pemda akan Diberi Sanksi

Taliwang (Suara NTB) – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Fud Syaifuddin, ST menyindir perilaku adanya oknum masyarakat yang menyalahgunakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Penyalagunaan tersebut salah satunya dengan memindahtangankan bantuan ke pihak lain dengan berbagai cara terutama menjualnya. Warga yang demikian akan diberikan sanksi tegas.

“Saya ingatkan. Bahwa jangan sekali-kali bantuan yang diterima mulai sekarang dipindahtangankan apalagi sampai dijual. Itu tidak boleh,” tegas Wabup dihadapan ratusan agen PDGPR, warga dan kepala SKPD yang hadir dalam acara malam Yasinan di kediaman bupati KSB, Kamis, 4 Mei 2017 malam.

Iklan

Bukan tanpa alasan Wabup mengingatkan hal tersebut. Berdasarkan pengalaman selama ini, ia menyatakan, banyak sekali bantuan pemerintah terutama dalam bentuk peralatan yang setelah sampai ke penerima tidak bertahan lama.

“Ini ada alat pertanian bantuan pemerintah, pernah kita temukan sudah berpindah tangan sampai ke luar daerah. Ini kan aneh,” sesalnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi lagi, Wabup mengatakan, pemerintah saat ini telah memperbaiki sistem penyaluran bantuan kepada masyarakat. Setiap bentuk bantuan kepada masyarakat pemeritah akan mengelolannya melalui Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR). Program yang memiliki sistem terstruktur hingga ke tingkat bawah ini, tidak saja memastikan setiap bantuan tepat sasaran. Tetapi sekaligus memantau pemanfaatan bantuan oleh para peneriman.

“Melalui program Bariri Tani kita ada bantuan alsintan (alat mesin pertanian) melalui kelompok. Jadi jangan sampai dijual, karena kita pastikan akan langsung ketahuan karena ada agen PDPGR di tingkat peliuk yang akan mengawasi warga penerima,” sebut Wabup mengingatkan.

Menurutnya, jika saja setiap bantuan dari pemerintah selama ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat penerima. Bukan tidak mungkin, para penerima telah mandiri dengan kegiatan usahanya. “Tapi kan tetap ada oknum yang begitu terima bantuan langsung jual. Tapi sekarang saya pastikan tidak bisa. Kalau ada pemerintah akan berikan sanksi tegas,” tandasnya. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here