Warga Miskin Tak Dapat Bantuan, Bupati Dompu Tak Mau Ambil Keputusan Hanya Karena Berita

H. Bambang M. Yasin. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin mengaku tak pernah mengunjungi kediaman Abdurrahman Bari atau Ompu Bari (90) di Desa Rasabou Kecamatan Huu. Apalagi sampai menjanjikan perbaikan rumah bagi pria renta yang tinggal seorang diri di gubuk reyot tersebut. Bambang juga keberatan mengambil keputusan terkait persoalan ini hanya berdasarkan pemberitaan media.

“Oh saya ndak bisa gara-gara berita kamu saya mengambil keputusan,” jawabnya saat dikonfirmasi wartawan usai rapat paripurna di Gedung DPRD, Senin, 6 Juli 2020.

Iklan

Terpenting, lanjut dia, pihaknya sudah mendapat informasi terkait warga miskin yang tak mendapat perhatian pemerintah tersebut. Selanjutnya, tinggal meminta Dinas PU melakukan pengecekan di lapangan.

Dalam menyikapi persoalan seperti ini, pihaknya seringkali kesulitan memberi bantuan perbaikan rumah dan sebagainya. Karena biasanya yang bersangkutan tidak memiliki dokumen kependudukan untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Untuk itu, selain peran serta masyarakat dan pemerintah desa setempat, media yang mengangkat persoalan ini mestinya bersedia membantu, minimal dengan mengurus e-KTP-nya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Ini butuh kepedulian masyarakat dan pemerintah desa, termasuk kamu yang menulis berita,” tandasnya.

Informasi yang dihimpun Suara NTB sebelumnya, Abdurahman Bari alias Ompu Bari (90) warga Rasabou Kecamatan Huu belakangan menjadi perhatian publik karena tinggal di gubuk reyot seorang diri di tengah pusat kota Kecamatan Huu.

Di usia renta, Ompu Bari memilih hidup sendiri sejak ditinggal mati istrinya puluhan tahun lalu. Di tengah keterbatasannya, Ompu Bari justru luput dari program bantuan pemerintah.

Janji pemerintah untuk membangunkannya rumah yang lebih layak hingga saat ini tidak kunjung menjadi kenyataan. Rumah kayu ukuran sekitar 2×3 meter dengan 6 tiang dan dinding bedek bambu beratapkan seng hanya menjadi obyek foto dari petugas dari Dinas Sosial Provinsi NTB hingga pemerintah Desa Daha.

  2.172 Orang Digigit HPR di Dompu

Program PKH atau bantuan pangan non tunai (BPNT) dari pemerintah pusat yang digelontorkan bagi warga miskin, juga tidak pernah didapatnya. BPJS Kesehatan juga tidak dimilikinya. “Tidak ada (bantuan dari pemerintah yang diterima),” cerita Ompu Bari kepada wartawan di kediamannya, Minggu, 5 Juli 2020. (jun/ula)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here