Warga Minta Toilet Pantai Ampenan Diperbaiki

Mataram (suarantb.com) – Pantai Ampenan menjadi salah satu objek wisata di Kota Mataram. Namun dari segi fasilitas dasar masih belum lengkap. Kondisi toilet di utara kawasan objek wisata ini memprihatinkan. Untuk itu warga berharap toilet tersebut diperbaiki.

Toilet yang kondisinya layak hanya berada di dekat musala dimana jaraknya cukup jauh dari pinggir pantai. Salah seorang PKL, Fitriyah mengakui biasanya menggunakan toilet musala. Sebenarnya ia sendiri merasa berat menggunakan fasilitas musala tersebut.

Iklan

Selain jarak yang jauh dari lapaknya, pengguna yang ngantri di toilet itu juga cukup padat, khususnya pada jam-jam tertentu. “Sebenarnya lebih ringan ke sana,” katanya sambil melirik toilet yang rusak. “Kalau di sini (toilet rusak) kan enak kita ngantri,” lanjutnya.

Petugas kebersihan sekaligus pedagang Pantai Ampenan, Yuli juga mengungkapkan harapannya supaya toilet yang rusak itu diperbaiki. Ia sendiri juga siap memelihara nantinya. “Kalau diperbaiki, ntar kita yang jaga,” harapnya.

Dikonfirmasi perihal ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, H. Mahmudin Tura masih mempertanyakan pengelola di Pantai Ampenan tersebut yang menurutnya masih belum jelas. “Yang menjadi masalah pengelola kawasan,” katanya. “Enggak ada yang jelas siapa yang diberi wewenang,” tambahnya.

Mahmuddin khawatir setelah dibangunkan fasilitas baru, termasuk toilet tidak ada yang mengelola yang pada akhirnya akan sia-sia. ”Kalau dibangun terus tidak ada yang mengelolanya? Kembali kumuh lagi, rusak lagi,” keluhnya.

Sebelum pembangunan dan atau pembenahan ia berharap ada pengelola yang jelas. “Dibentuk badan pengelola yang betul-betul mau bekerja,” harapnya. Karena dengan adanya badan pengelola, fasilitas di Pantai Ampenan akan terawat. (mai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here