Warga Malaysia Ber-KTP Sumbawa Berasal dari Dompu

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa melakukan pengecekan terhadap data Hidayu, WNA asal Malaysia yang mengantongi KTP Sumbawa. Dari pengcekan yang dilakukan, belakangan diketahui ternyata yang bersangkutan merupakan pindahan Dompu.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Zulqifli kepada Suara NTB, Senin (21/11) mengatakan, setelah pihaknya melakukan pengecekan di database. “Tadi sudah dicek oleh Kabid kependudukan di database kami. Ternyata baru ketahuan, dia pindahan dari Dompu,” ujarnya.

Iklan

Dijelaskannya, terbitnya KTP yang bersangkutan, lantaran adanya Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI). Keterangan tersebut diterbitkan Disdukcapil Kabupaten Dompu. Atas dasar itu pihaknya menindaklanjutinya. Artinya sebelumnya yang bersangkutan sudah terdaftar di database Dompu.

“Dengan adanya keterangan pindah itu, dicabutlah di database sana dan masuk di database kita,” tukasnya.

Hanya saja, sambungnya, pihaknya belum mengetahui secara pasti, apakah yang bersangkutan pertama kali mendaftar pengurusan KTP di Dompu. Ada kemungkinan juga pendaftaran dilakukan di tempat lain, dan mengurus surat keterangan pindah ke Dompu. “Yang jelas dari database yang ada, dia pindahan dari Dompu,” pungkasnya.

Sementara Kabid Kependudukan Disdukcapil, A. Rahman mengakui KTP ataupun KK yang bersangkutan asli. Hanya saja pendaftarannya tidak melalui Disdukcapil Sumbawa. Tetapi Penerbitan tersebut berdasarkan surat keterangan pindah WNI yang diterbitkan Disdukcapil Dompu. Dalam hal ini surat tersebut dikeluarkan pada 23 Juni 2016. Kemudian yang bersangkutan mengajukannya ke Disdukcapil Sumbawa pada 15 Agustus 2016.

“Jadi KTP-nya tinggal dicetak berdasarkan surat itu. Kita tidak tahu apakah di sana (Dompu) awalnya dia melakukan pendaftaran atau pindahan dari tempat lain. Yang jelas surat keterangan itu diterbitkan Disdukcapil Dompu,” terangnya. (ind)

  Batas Timur Sumbawa Diperketat, Semua Penumpang Dicek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here