Warga Lobar Masih Banyak BAB Sembarangan

H. Fauzan Khalid (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Sembilan desa di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) belum bebas dari perilaku masyarakat yang Buang Air Sembarangan atau lebih dikenal dengan istilah belum ODF (Open Defecation Free). Untuk mewujudkan Desa ODF, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid bersama sembilan kepala desa (kades) kembali menggalang komitmen bersama untuk menjadikan desanya masing-masing menjadi Desa ODF dalam acara koordinasi Penguatan Strategi Percepatan ODF belum lama ini.

Acara tersebut dihadiri Bupati Lobar H. Fauzan Khalid bersama 9 kades yang belum ODF, Kepala Dinas Kesehatan Lobar Hj. Ni Made Ambaryati, Kepala Bappeda Lobar H. Saikhu, termasuk perwakilan dari Pemprov NTB. Hadir juga beberapa perwakilan perusahaan di NTB dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Iklan

Perusahaan ini sengaja diundang agar mengetahui permasalahan yang ada, sehingga dapat membantu dan berkontribusi dalam mensukseskan Lobar yang terbebas dari buang air besar sembarangan.

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam sambutannya menyampaikan kesungguhan dan keinginnanya dalam menjadikan Gumi Patut Patuh Patju ini menjadi Kabupaten ODF. Dalam kesempatan tersebut secara khusus bertanya kepada Kepala Desa Kuripan Utara yang hadir dalam acara tersebut tentang kendala yang dianggap berat untuk menjadikan desanya ODF.

Bupati tidak menginginkan kades menjadikan masalah dana atau uang menjadi kendala dalam upaya ini, karena permasalahan tersebut dapat dipikul bersama. Untuk itu, bupati mengajak semua kades menghitung kebutuhan dana dalam menjadikan Desa ODF tersebut. Selanjutnya kebutuhan dana tersebut akan diupayakan untuk dipikul bersama, termasuk dengan beberapa OPD dan stakeholder yang ada, serta beberapa perusahaan yang ada di Lobar.

H. Fauzan Khalid optimis jika benar-benar bekerjasama dan berkomitmen yang tinggi, tidak ada yang tidak mungkin. Oleh karena itu, bupati mengajak semua yang hadir dalam acara tersebut, untuk bekerja keras agar Lobar segera terbebas dari perilaku BAB Sembarangan dan segera Deklarasi ODF di akhir tahun 2021.

‘’Kita upayakan segera Deklarasi ODF sebagai hadiah di hari Ulang Tahun Provinsi NTB tanggal 17 Desember nanti,’’ ujarnya. (her)

Advertisement