Warga Kuripan Berswadaya Bangun Yayasan Pendidikan

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid didampingi Sekda H. Baehaqi, Camat Kuripan Iskandar dan Kades Kuripan Hasbi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Yayasan Pendidikan Islam An-Nur, akhir pekan kemarin. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Warga Dusun Kuripan I Desa Kuripan Kecamatan Kuripan berswadaya membangun gedung yayasan Pendidikan Islam An-Nur. Mereka urunan biaya untuk membangun gedung bagi generasi penerus di daerah itu. Ada warga yang mengeluarkan uang, semen dan lahan sebagai lokasi pembangunan. Tujuan pendidikan Islam ini untuk membekali generasi dengan ilmu agama Islam agar terhindar dari berbagai hal-hal negatif seperti pergaulan bebas dan narkoba.

Bupati H. Fauzan Khalid didampingi Sekda Dr. H. Baehaqi, Asisten I Setda Lobar bersama sejumlah Kepala OPD, Camat Kuripan Iskandar dan kepala desa menghadiri peletakan batu pertama pembangunan yayasan yang berlokasi tak jauh dari daerah aliran sungai setempat akhir pekan kemarin. Acara itupun dihadiri banyak warga yang sangat menginginkan dibangunnya yayasan pendidikan itu.

Iklan

Ketua Panitia Pembangunan Yayasan Pendidikan Mazni menyampaikan yayasan ini sebagai wadah penyelenggara pendidikan Islam. Sejauh ini, terdapat peserta didik sebanyak 53 orang yang dibagi menjadi tiga kelas. “Alhamdulillah ada lima anak sudah mampu menghapal tiga Juz, 20 anak sudah menghapal 2 juz dan sisanya tahap satu juz,” jelas dia.

Selain itu ada dilaksanakan kegiatan mudzakarah setiap malam yang diikuti 50 orang. Dari kalangan remaja, dewasa dan orang tua, tokoh masyarakat duduk bersama mengkaji tahsin Alquran, ilmu mengenal tata cara membaca Al-Qur’an dan lainnya serta diadakan pula mudzakarah bulanan. “Sampai saat ini baru berjalan di empat dusun,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Kuripan Induk Hasbi mengatakan adanya Yayasan Pendidikan An-Nur untuk membekali generasi untuk menghindarkan generasi dari berbagai hal yang negatif seperti pergaulan bebas dan narkoba.”Alhamdulillah yayasan ini harapan kami, untuk mengubah sikap dan etika pergaulan para remaja. Mereka mengaji dan memupuk imannya melalui yayasan ini,” imbuhnya.

Ia mengaku, sangat bersyukur dengan adanya tokoh muda ulama muda yang ada di dusun itu untuk membimbing generasi. Kemudian lebih dikembangkan lagi dengan membangun yayasan pendidikan Islam. Di mana kata dia, warga berswadaya dengan mengumpulkan semen, batu dan pasir.

Di tahun 2022, lanjut dia, pemerintah desa akan menyiapkan Rp150 juta untuk membangun satu atap di lokasi itu, terdiri dari tempat posyandu keluarga, balita dan untuk mengaji. Ia pun berharap ada bantuan dari Pemda Lobar untuk pembangunan yayasan pendidikan dan satu atap ke depan. “Kami mohon bantuan,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid sangat mendukung adanya Yayasan Pendidikan Islam An-Nur ini. Apalagi tujuanya selain membekali generasi ilmu agama untuk mencegah narkoba. “Alhamdulillah yayasan ini peran sertanya luar biasa. Karena persoalan narkoba merupakan musuh bersama,” ujarnya, seraya menambahkan, pihaknya akan membantu pembangunan gedung yayasan ini tahun 2022. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional